Belajar Efektif dengan Teknik Pomodoro

Pomodoro Teknik

Dalam bahasa Italia, Pomodoro berarti tomat. Lalu, apa hubungannya tomat dengan belajar?

Mari kita simak penggalan kisah dibawah dan juga mengenal Teknik Pomodoro.

Seorang yang berasal dari Italia, Francesco Cirilo, mengalami kesulitan dalam konsentrasi belajar. Untuk mengatasinya, Ia mencoba menggunakan timer. Ia membagi waktu 25 menit untuk belajar dan 5 menit untuk istirahat. Cirilo menggunakan timer yang biasanya digunakan di dapur. Timer tersebut berbentuk tomat. Itulah alasan mengapa cara belajar ini disebut teknik “Tomat” atau teknik Pomodoro.

Teknik Pomodoro digunakan banyak orang karena konsepnya memang efektif untuk menghindari gangguan yang dapat merusak konsentrasi. Teknik ini sangat sederhana. Cukup dengan satu buah timer, bisa juga menggunakan timer yang ada dalam handphone.

Cara belajar menggunakan teknik pomodoro :

  1. Set timer selama 25 menit. Bagi yang menggunakan timer dalam handphone jangan lupa mengaktifkan do not disturb mode atau mode pesawat.
  2. Dalam 25 menit ini, kamu harus benar-benar fokus terhadap pekerjaan yang dilakukan.
  3. Apabila alarm berbunyi, kamu harus berhenti melakukan pekerjaan dan beristirahat selama 5 menit. Waktu 5 menit ini bebas untuk melakukan apapun, seperti streching, makan, cek notifikasi handphone, dan lain-lain.
  4. Apabila pekerjaan belum selesai, kamu dapat mengulang kembali poin pertama. Lakukan pengulangan hingga pekerjaan selesai.

Nah, seperti itulah beberapa cara belajar menggunakan teknik Pomodoro. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan waktu belajarnya lebih efektif dari sebelumnya.

Artikel Lainnya :  Mengenal Dan Mencegah Wabah Covid-19

About the author: Balqis Ima

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *