Cara Hapus Aplikasi Bawaan


Cara Hapus Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan adalah aplikasi yang sudah terinstal pada perangkat saat pertama kali dibeli. Aplikasi ini biasanya mencakup aplikasi dasar seperti browser, kalkulator, dan kalender.

Meskipun beberapa aplikasi bawaan mungkin bermanfaat, ada juga yang mungkin tidak Anda butuhkan atau gunakan. Jika Anda ingin menghapus aplikasi bawaan yang tidak diinginkan, ada beberapa cara untuk melakukannya.

Berikut adalah cara menghapus aplikasi bawaan di perangkat Anda:

Cara Hapus Aplikasi Bawaan

Berikut adalah 7 poin penting tentang cara menghapus aplikasi bawaan:

  • Nonaktifkan aplikasi
  • Gunakan ADB
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga
  • Root perangkat
  • Gunakan fitur bawaan
  • Hapus pembaruan
  • Ganti ROM

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan Anda.

Nonaktifkan aplikasi

Menonaktifkan aplikasi adalah cara termudah untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa menghapusnya secara permanen. Saat Anda menonaktifkan aplikasi, aplikasi tersebut akan disembunyikan dari daftar aplikasi Anda dan tidak akan lagi berjalan di latar belakang. Namun, data aplikasi akan tetap ada di perangkat Anda.

Untuk menonaktifkan aplikasi, buka menu Pengaturan di perangkat Anda. Kemudian, ketuk Aplikasi & notifikasi > Lihat semua aplikasi. Temukan aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan, lalu ketuk tombol Nonaktifkan.

Beberapa aplikasi bawaan tidak dapat dinonaktifkan. Jika Anda tidak melihat tombol Nonaktifkan untuk aplikasi tertentu, berarti aplikasi tersebut tidak dapat dinonaktifkan. Anda dapat mencoba metode lain untuk menghapus aplikasi tersebut.

Menonaktifkan aplikasi adalah cara yang baik untuk mengosongkan ruang penyimpanan dan meningkatkan kinerja perangkat Anda. Namun, perlu diingat bahwa menonaktifkan aplikasi tidak akan menghapusnya secara permanen. Jika Anda ingin menghapus aplikasi secara permanen, Anda dapat menggunakan metode lain yang dijelaskan di artikel ini.

Gunakan ADB

ADB (Android Debug Bridge) adalah alat yang memungkinkan Anda mengontrol perangkat Android dari komputer. Anda dapat menggunakan ADB untuk menghapus aplikasi bawaan, bahkan jika aplikasi tersebut tidak dapat dinonaktifkan.

  • Aktifkan USB debugging

    Sebelum menggunakan ADB, Anda perlu mengaktifkan USB debugging di perangkat Anda. Untuk melakukannya, buka menu Pengaturan di perangkat Anda. Kemudian, ketuk Tentang ponsel > Informasi perangkat lunak. Ketuk Nomor bentukan sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan Opsi pengembang. Setelah Opsi pengembang diaktifkan, kembali ke menu Pengaturan dan ketuk Opsi pengembang. Aktifkan sakelar USB debugging.

  • Instal ADB

    Unduh dan instal ADB di komputer Anda. Anda dapat mengunduh ADB dari situs web resmi Android Developers.

  • Hubungkan perangkat Anda ke komputer

    Gunakan kabel USB untuk menghubungkan perangkat Anda ke komputer. Pastikan Anda menggunakan kabel USB yang asli atau berkualitas baik.

  • Hapus aplikasi

    Buka jendela Command Prompt atau Terminal di komputer Anda. Arahkan ke direktori tempat ADB diinstal. Kemudian, jalankan perintah berikut untuk menghapus aplikasi:

    adb uninstall package_name

    Ganti package_name dengan nama paket aplikasi yang ingin Anda hapus. Anda dapat menemukan nama paket aplikasi di menu Pengaturan > Aplikasi & notifikasi > Lihat semua aplikasi.

Menggunakan ADB untuk menghapus aplikasi bawaan memerlukan sedikit pengetahuan teknis. Namun, ini adalah metode yang efektif untuk menghapus aplikasi bawaan apa pun, bahkan jika aplikasi tersebut tidak dapat dinonaktifkan.

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan. Aplikasi ini biasanya memerlukan akses root, jadi pastikan Anda telah melakukan root pada perangkat Anda sebelum menggunakannya.

  • Titanium Backup

    Titanium Backup adalah aplikasi pengelola aplikasi yang dapat digunakan untuk mem-backup, memulihkan, dan menghapus aplikasi. Aplikasi ini dapat menghapus aplikasi bawaan, bahkan jika aplikasi tersebut tidak dapat dinonaktifkan atau dihapus melalui ADB.

  • ES File Explorer

    ES File Explorer adalah aplikasi pengelola file yang juga dapat digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan. Untuk menghapus aplikasi bawaan menggunakan ES File Explorer, buka aplikasi dan navigasikan ke direktori /system/app. Cari file APK aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu ketuk dan tahan file tersebut. Pilih opsi Hapus dari menu yang muncul.

  • App Freezer

    App Freezer adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membekukan aplikasi, termasuk aplikasi bawaan. Saat aplikasi dibekukan, aplikasi tersebut akan dinonaktifkan dan tidak akan lagi berjalan di latar belakang. Namun, data aplikasi akan tetap ada di perangkat Anda.

  • Package Disabler Pro

    Package Disabler Pro adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menonaktifkan dan menghapus aplikasi bawaan. Aplikasi ini tidak memerlukan akses root, tetapi hanya dapat menonaktifkan aplikasi, bukan menghapusnya secara permanen.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Org 20117 VIP

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi bawaan adalah cara yang mudah dan nyaman. Namun, pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi dari sumber yang tepercaya.

Root perangkat

Rooting perangkat Android Anda memberi Anda akses penuh ke sistem operasi perangkat, termasuk kemampuan untuk menghapus aplikasi bawaan. Namun, rooting perangkat Anda juga dapat membatalkan garansi dan membuat perangkat Anda lebih rentan terhadap malware dan serangan keamanan lainnya.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan root pada perangkat Anda, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan. Metode yang paling umum adalah menggunakan alat rooting seperti Magisk atau SuperSU. Alat-alat ini akan memodifikasi partisi boot perangkat Anda untuk memberikan Anda akses root.

Setelah Anda melakukan root pada perangkat Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pengelola file seperti Root Explorer atau ES File Explorer untuk menghapus aplikasi bawaan. Untuk menghapus aplikasi bawaan, navigasikan ke direktori /system/app dan hapus file APK aplikasi yang ingin Anda hapus.

Rooting perangkat Anda adalah cara yang efektif untuk menghapus aplikasi bawaan. Namun, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan rooting sebelum Anda melakukannya.

Gunakan fitur bawaan

Beberapa produsen ponsel menyediakan fitur bawaan untuk menghapus aplikasi bawaan. Fitur ini biasanya hanya tersedia untuk aplikasi bawaan tertentu, dan tidak semua produsen menyediakan fitur ini.

  • **Samsung**

    Beberapa ponsel Samsung memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi bawaan tertentu melalui menu Pengaturan. Untuk menghapus aplikasi bawaan pada ponsel Samsung, buka menu Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu ketuk tombol Uninstall.

  • **Xiaomi**

    Beberapa ponsel Xiaomi memungkinkan Anda untuk menonaktifkan aplikasi bawaan tertentu melalui menu Pengaturan. Untuk menonaktifkan aplikasi bawaan pada ponsel Xiaomi, buka menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan, lalu ketuk tombol Nonaktifkan.

  • **Huawei**

    Beberapa ponsel Huawei memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi bawaan tertentu melalui menu HiSuite. Untuk menghapus aplikasi bawaan pada ponsel Huawei, sambungkan ponsel Anda ke komputer dan buka perangkat lunak HiSuite. Pilih tab Aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin Anda hapus. Klik tombol Uninstall untuk menghapus aplikasi.

  • **Oppo**

    Beberapa ponsel Oppo memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi bawaan tertentu melalui menu ColorOS. Untuk menghapus aplikasi bawaan pada ponsel Oppo, buka menu Pengaturan > Manajemen aplikasi > Aplikasi sistem. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu ketuk tombol Hapus instalan.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Raport Kang Martho

Jika ponsel Anda memiliki fitur bawaan untuk menghapus aplikasi bawaan, ini adalah cara termudah dan teraman untuk menghapus aplikasi tersebut. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua produsen menyediakan fitur ini, dan tidak semua aplikasi bawaan dapat dihapus.

Hapus pembaruan

Menghapus pembaruan aplikasi bawaan tidak akan menghapus aplikasi itu sendiri, tetapi dapat mengembalikan aplikasi ke versi aslinya. Hal ini dapat berguna jika pembaruan menyebabkan masalah pada aplikasi.

  • **Buka menu Pengaturan**

    Buka menu Pengaturan di perangkat Anda.

  • **Buka menu Aplikasi**

    Ketuk menu Aplikasi & notifikasi > Lihat semua aplikasi.

  • **Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus pembaruannya**

    Gulir daftar aplikasi dan ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus pembaruannya.

  • **Ketuk tombol Hapus pembaruan**

    Ketuk tombol Hapus pembaruan di bagian bawah halaman informasi aplikasi.

Setelah Anda menghapus pembaruan aplikasi, aplikasi akan dikembalikan ke versi aslinya. Jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi bawaan, menghapus pembaruan mungkin dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Ganti ROM

Mengganti ROM (Read-Only Memory) pada perangkat Android Anda adalah cara lain untuk menghapus aplikasi bawaan. ROM adalah perangkat lunak yang diinstal pada perangkat Anda, dan ini berisi sistem operasi dan semua aplikasi bawaan. Dengan mengganti ROM dengan ROM khusus, Anda dapat menginstal ROM yang tidak menyertakan aplikasi bawaan tertentu.

  • **Pilih ROM khusus**

    Ada banyak ROM khusus yang tersedia untuk perangkat Android. Anda dapat menemukan ROM khusus untuk perangkat Anda di situs web seperti XDA Developers.

  • **Unduh ROM khusus**

    Setelah Anda memilih ROM khusus, unduh file ROM ke komputer Anda.

  • **Instal ROM khusus**

    Untuk menginstal ROM khusus, Anda perlu melakukan unlock bootloader pada perangkat Anda dan menggunakan alat pemulihan khusus seperti TWRP.

  • **Hapus aplikasi bawaan**

    Setelah Anda menginstal ROM khusus, Anda dapat menghapus aplikasi bawaan menggunakan metode yang dijelaskan di bagian sebelumnya.

Mengganti ROM adalah cara yang efektif untuk menghapus aplikasi bawaan. Namun, penting untuk diingat bahwa mengganti ROM dapat membatalkan garansi perangkat Anda dan membuat perangkat Anda lebih rentan terhadap malware dan serangan keamanan lainnya.

### FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara menghapus aplikasi bawaan:

Pertanyaan 1: Apa cara termudah untuk menghapus aplikasi bawaan?
Jawaban: Cara termudah untuk menghapus aplikasi bawaan adalah dengan menggunakan fitur bawaan, jika tersedia. Beberapa produsen ponsel menyediakan fitur untuk menghapus aplikasi bawaan tertentu melalui menu Pengaturan.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root?
Jawaban: Ada beberapa cara untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa root. Anda dapat menonaktifkan aplikasi, menghapus pembaruan aplikasi, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Titanium Backup atau ES File Explorer.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan yang tidak dapat dinonaktifkan?
Jawaban: Untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak dapat dinonaktifkan, Anda dapat menggunakan ADB (Android Debug Bridge) atau melakukan root pada perangkat Anda.

Pertanyaan 4: Apakah aman untuk menghapus aplikasi bawaan?
Jawaban: Umumnya aman untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak Anda gunakan. Namun, beberapa aplikasi bawaan penting untuk berfungsinya perangkat Anda dengan benar. Sebaiknya lakukan riset sebelum menghapus aplikasi bawaan apa pun.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Penjernih Video Paling Ampuh untuk Menghasilkan Konten Berkualitas

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengembalikan aplikasi bawaan yang telah saya hapus?
Jawaban: Jika Anda telah menghapus aplikasi bawaan menggunakan ADB atau root, Anda dapat mengembalikan aplikasi tersebut dengan menginstal ulang ROM asli perangkat Anda.

Pertanyaan 6: Apa risiko menghapus aplikasi bawaan?
Jawaban: Risiko menghapus aplikasi bawaan tergantung pada aplikasi yang Anda hapus. Beberapa aplikasi bawaan penting untuk berfungsinya perangkat Anda dengan benar, dan menghapusnya dapat menyebabkan masalah. Sebelum menghapus aplikasi bawaan apa pun, sebaiknya lakukan riset dan pastikan Anda memahami risikonya.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang cara menghapus aplikasi bawaan, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang mungkin berguna saat Anda menghapus aplikasi bawaan:

### Tips

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang mungkin berguna saat Anda menghapus aplikasi bawaan:

**Lakukan riset.** Sebelum menghapus aplikasi bawaan apa pun, lakukan riset untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut tidak penting untuk berfungsinya perangkat Anda dengan benar. Anda dapat menemukan informasi tentang aplikasi bawaan di situs web produsen ponsel Anda atau di forum online.

**Cadangkan data Anda.** Jika Anda berencana untuk menghapus aplikasi bawaan, sebaiknya cadangkan data Anda terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak kehilangan data penting jika terjadi kesalahan.

**Gunakan metode yang tepat.** Ada beberapa metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan. Pilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan Anda. Jika Anda tidak yakin metode mana yang harus digunakan, Anda dapat meminta bantuan di forum online atau komunitas pengguna.

**Berhati-hatilah.** Menghapus aplikasi bawaan dapat berdampak pada kinerja dan fungsionalitas perangkat Anda. Pastikan Anda memahami risikonya sebelum menghapus aplikasi bawaan apa pun.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menghapus aplikasi bawaan dengan aman dan mudah. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

Kesimpulannya, menghapus aplikasi bawaan adalah proses yang relatif mudah. Namun, penting untuk melakukan riset dan memahami risiko yang terkait dengan penghapusan aplikasi bawaan sebelum Anda melakukannya.

### Kesimpulan
Menghapus aplikasi bawaan adalah cara mudah untuk mengosongkan ruang penyimpanan, meningkatkan kinerja perangkat, dan menyesuaikan perangkat Anda sesuai keinginan Anda. Namun, penting untuk melakukan riset dan memahami risiko yang terkait dengan penghapusan aplikasi bawaan sebelum Anda melakukannya.
Berikut adalah ringkasan poin-poin utama yang telah dibahas dalam artikel ini:
* Ada beberapa metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan, termasuk menonaktifkan aplikasi, menggunakan ADB, menggunakan aplikasi pihak ketiga, melakukan root pada perangkat, menggunakan fitur bawaan, menghapus pembaruan, dan mengganti ROM.
* Metode terbaik untuk menghapus aplikasi bawaan tergantung pada kebutuhan dan keterampilan Anda.
* Penting untuk melakukan riset dan memahami risiko yang terkait dengan penghapusan aplikasi bawaan sebelum Anda melakukannya.
* Jika Anda tidak yakin cara menghapus aplikasi bawaan, Anda dapat meminta bantuan di forum online atau komunitas pengguna.
Dengan mengikuti tips dan informasi yang diberikan dalam artikel ini, Anda dapat menghapus aplikasi bawaan dengan aman dan mudah.

Leave a Comment