Cara Sembunyikan Aplikasi di iPhone


Cara Sembunyikan Aplikasi di iPhone

iPhone menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna menyembunyikan aplikasi dari layar utama untuk menjaga privasi atau alasan estetika. Menyembunyikan aplikasi tidak menghapusnya dari perangkat, melainkan hanya membuatnya tidak terlihat di layar utama. Fitur ini sangat berguna untuk melindungi informasi sensitif, mengelola ruang layar, atau sekadar menyusun aplikasi dengan lebih rapi.

Proses menyembunyikan aplikasi di iPhone sangatlah mudah dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah sederhana. Artikel ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah tersebut secara rinci, menyediakan semua informasi yang diperlukan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone dengan sukses.

Cara Hide Aplikasi di iPhone

Berikut adalah 9 poin penting tentang cara menyembunyikan aplikasi di iPhone:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Waktu Layar
  • Ketuk Batasan Aplikasi
  • Masuk Kode Sandi
  • Pilih Selalu Izinkan
  • Cari Aplikasi yang Ingin Disembunyikan
  • Ketuk Tombol (-)
  • Konfirmasi Penghapusan
  • Aplikasi Tersembunyi

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi di iPhone dan menjaga layar utama tetap rapi dan teratur.

Buka Pengaturan

Langkah pertama untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone adalah membuka aplikasi Pengaturan. Aplikasi Pengaturan adalah pusat kendali untuk semua pengaturan dan konfigurasi perangkat iPhone, termasuk pengaturan untuk menyembunyikan aplikasi.

Untuk membuka aplikasi Pengaturan, cari ikon roda gigi abu-abu di layar utama iPhone Anda. Ketuk ikon tersebut untuk membuka aplikasi Pengaturan. Jika Anda tidak dapat menemukan ikon Pengaturan di layar utama, Anda juga dapat mengaksesnya melalui Pusat Kontrol. Untuk melakukannya, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar iPhone Anda untuk membuka Pusat Kontrol, lalu ketuk ikon roda gigi abu-abu di dalamnya.

Setelah Anda membuka aplikasi Pengaturan, Anda akan melihat daftar opsi dan pengaturan. Gulir ke bawah daftar dan ketuk opsi “Waktu Layar”. Opsi ini terletak di bagian bawah daftar, di bawah bagian “Privasi”.

Setelah Anda mengetuk opsi “Waktu Layar”, Anda akan dibawa ke halaman Waktu Layar. Halaman ini menampilkan berbagai pengaturan yang dapat Anda gunakan untuk mengelola penggunaan iPhone Anda, termasuk pengaturan untuk membatasi penggunaan aplikasi dan menyembunyikan aplikasi.

Pada halaman Waktu Layar, ketuk opsi “Batasan Aplikasi” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya dalam proses menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda.

Langkah whew

Ketuk Batasan Aplikasi

Setelah Anda mengetuk opsi “Waktu Layar” pada halaman Pengaturan, Anda akan dibawa ke halaman Waktu Layar. Pada halaman ini, ketuk opsi “Batasan Aplikasi” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya dalam proses menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda.

  • Aktifkan Batasan Aplikasi:

    Setelah Anda mengetuk opsi “Batasan Aplikasi”, Anda akan diminta untuk mengaktifkan Batasan Aplikasi jika belum diaktifkan. Untuk mengaktifkan Batasan Aplikasi, ketuk tombol “Aktifkan Batasan Aplikasi” dan masukkan kode sandi Waktu Layar Anda. Jika Anda belum membuat kode sandi Waktu Layar, Anda akan diminta untuk membuatnya saat ini.

  • Pilih “Semua Aplikasi & Kategori”:

    Setelah Batasan Aplikasi diaktifkan, Anda akan melihat daftar aplikasi dan kategori yang diinstal di iPhone Anda. Untuk menyembunyikan aplikasi, Anda harus memilih kategori “Semua Aplikasi & Kategori”.

  • Cari Aplikasi yang Ingin Disembunyikan:

    Setelah Anda memilih kategori “Semua Aplikasi & Kategori”, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang diinstal di iPhone Anda. Gulir daftar dan temukan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

  • Ketuk Tombol (-) untuk Menyembunyikan:

    Setelah Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, ketuk tombol (-) di sebelah nama aplikasi. Tombol ini terletak di sisi kanan nama aplikasi. Setelah Anda mengetuk tombol (-), aplikasi akan disembunyikan dari layar utama iPhone Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menyembunyikan aplikasi apa pun di iPhone Anda dengan mudah dan cepat. Aplikasi yang disembunyikan tidak akan muncul di layar utama, tetapi masih dapat diakses melalui Pencarian Spotlight atau Perpustakaan Aplikasi.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Fungsi Aplikasi TikTok

Pilih Selalu Izinkan

Setelah Anda mengetuk tombol (-) di sebelah aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, Anda akan melihat jendela pop-up yang menanyakan apakah Anda ingin menghapus aplikasi dari layar utama atau menyembunyikannya. Untuk menyembunyikan aplikasi, ketuk opsi “Selalu Izinkan”.

Opsi “Selalu Izinkan” akan mencegah aplikasi muncul di layar utama iPhone Anda, tetapi aplikasi tersebut masih dapat diakses melalui Pencarian Spotlight atau Perpustakaan Aplikasi. Jika Anda ingin menghapus aplikasi sepenuhnya dari iPhone Anda, ketuk opsi “Hapus Aplikasi” pada jendela pop-up.

Setelah Anda memilih opsi “Selalu Izinkan”, aplikasi akan disembunyikan dari layar utama iPhone Anda. Anda dapat mengonfirmasi bahwa aplikasi telah disembunyikan dengan kembali ke layar utama dan memeriksa apakah aplikasi tersebut tidak lagi terlihat.

Jika Anda ingin menampilkan kembali aplikasi yang telah disembunyikan, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Ketuk opsi “Waktu Layar”.
  3. Ketuk opsi “Batasan Aplikasi”.
  4. Pilih kategori “Semua Aplikasi & Kategori”.
  5. Temukan aplikasi yang ingin Anda tampilkan kembali dan ketuk tombol (+) di sebelahnya.

Setelah Anda mengetuk tombol (+), aplikasi akan ditampilkan kembali di layar utama iPhone Anda.

Cari Aplikasi yang Ingin Disembunyikan

Setelah Anda mengetuk kategori “Selalu Izinkan” pada halaman Batasan Aplikasi, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang diinstal di iPhone Anda. Untuk menyembunyikan aplikasi, Anda harus mencari aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dalam daftar ini.

Anda dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas daftar untuk mempersempit pencarian Anda. C cukup ketikkan nama atau sebagian nama aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, dan daftar akan difilter untuk menampilkan hanya aplikasi yang cocok dengan istilah pencarian Anda.

Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dalam daftar, pastikan aplikasi tersebut diinstal pada iPhone Anda. Jika aplikasi tidak diinstal, Anda harus mengunduhnya dari App Store sebelum dapat menyembunyikannya.

Setelah Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, ketuk nama aplikasi tersebut. Ini akan membuka halaman pengaturan untuk aplikasi tersebut. Pada halaman pengaturan aplikasi, ketuk tombol (-) di sebelah opsi “Tambahkan ke Layar Utama”. Tombol ini terletak di bagian bawah halaman pengaturan aplikasi.

Setelah Anda mengetuk tombol (-), aplikasi akan dihapus dari layar utama iPhone Anda. Anda dapat mengonfirmasi bahwa aplikasi telah dihapus dengan kembali ke layar utama dan memeriksa apakah aplikasi tersebut tidak lagi terlihat.

Ketuk Tombol (-)

Setelah Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan membuka halaman pengaturan aplikasi tersebut, Anda akan melihat tombol (-) di sebelah opsi “Tambahkan ke Layar Utama”. Tombol ini terletak di bagian bawah halaman pengaturan aplikasi.

  • Fungsi Tombol (-):

    Tombol (-) berfungsi untuk menghapus aplikasi dari layar utama iPhone Anda. Ketika Anda mengetuk tombol ini, aplikasi akan dihapus dari layar utama, tetapi aplikasi tersebut masih dapat diakses melalui Pencarian Spotlight atau Perpustakaan Aplikasi.

  • Konfirmasi Penghapusan:

    Setelah Anda mengetuk tombol (-), Anda akan melihat jendela pop-up yang menanyakan apakah Anda ingin menghapus aplikasi dari layar utama atau menyembunyikannya. Untuk menyembunyikan aplikasi, ketuk opsi “Selalu Izinkan”.

  • Aplikasi Tersembunyi:

    Setelah Anda mengetuk opsi “Selalu Izinkan”, aplikasi akan disembunyikan dari layar utama iPhone Anda. Anda dapat mengonfirmasi bahwa aplikasi telah disembunyikan dengan kembali ke layar utama dan memeriksa apakah aplikasi tersebut tidak lagi terlihat.

  • Menampilkan Kembali Aplikasi:

    Jika Anda ingin menampilkan kembali aplikasi yang telah disembunyikan, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka aplikasi Pengaturan.
    2. Ketuk opsi “Waktu Layar”.
    3. Ketuk opsi “Batasan Aplikasi”.
    4. Pilih kategori “Semua Aplikasi & Kategori”.
    5. Temukan aplikasi yang ingin Anda tampilkan kembali dan ketuk tombol (+) di sebelahnya.

    Setelah Anda mengetuk tombol (+), aplikasi akan ditampilkan kembali di layar utama iPhone Anda.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Bagaimana Aplikasi Bunyi Ultrasonik untuk Pengobatan Batu Ginjal?

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi apa pun di iPhone Anda. Aplikasi yang disembunyikan tidak akan muncul di layar utama, tetapi masih dapat diakses melalui Pencarian Spotlight atau Perpustakaan Aplikasi.

Konfirmasi Penghapusan

Setelah Anda mengetuk tombol (-) pada halaman pengaturan aplikasi, Anda akan melihat jendela pop-up yang menanyakan apakah Anda ingin menghapus aplikasi dari layar utama atau menyembunyikannya. Jendela pop-up ini memberikan dua opsi:

  1. Hapus Aplikasi:

    Opsi ini akan menghapus aplikasi sepenuhnya dari iPhone Anda, termasuk semua data dan dokumen yang terkait dengan aplikasi tersebut. Jika Anda memilih opsi ini, Anda tidak akan dapat memulihkan aplikasi atau datanya.

  2. Selalu Izinkan:

    Opsi ini akan menyembunyikan aplikasi dari layar utama iPhone Anda, tetapi aplikasi tersebut masih dapat diakses melalui Pencarian Spotlight atau Perpustakaan Aplikasi. Jika Anda memilih opsi ini, Anda dapat menampilkan kembali aplikasi di layar utama kapan saja dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan sebelumnya.

Untuk menyembunyikan aplikasi, ketuk opsi “Selalu Izinkan”. Aplikasi kemudian akan dihapus dari layar utama iPhone Anda. Anda dapat mengonfirmasi bahwa aplikasi telah disembunyikan dengan kembali ke layar utama dan memeriksa apakah aplikasi tersebut tidak lagi terlihat.

Jika Anda tidak yakin apakah ingin menghapus atau menyembunyikan aplikasi, disarankan untuk memilih opsi “Selalu Izinkan”. Dengan cara ini, Anda dapat menyembunyikan aplikasi dari layar utama tanpa menghapusnya secara permanen dari iPhone Anda.

Aplikasi Tersembunyi

Setelah Anda memilih opsi “Selalu Izinkan” pada jendela pop-up konfirmasi penghapusan, aplikasi akan disembunyikan dari layar utama iPhone Anda. Ini berarti aplikasi tersebut tidak akan lagi terlihat di antara aplikasi lain di layar utama.

Namun, aplikasi yang disembunyikan masih dapat diakses melalui Pencarian Spotlight atau Perpustakaan Aplikasi. Untuk mengakses aplikasi yang disembunyikan melalui Pencarian Spotlight, geser ke bawah dari tengah layar utama dan ketikkan nama aplikasi di bilah pencarian. Untuk mengakses aplikasi yang disembunyikan melalui Perpustakaan Aplikasi, geser ke kiri melewati layar utama terakhir hingga Anda mencapai Perpustakaan Aplikasi. Di Perpustakaan Aplikasi, Anda dapat menemukan aplikasi yang disembunyikan di folder “Lainnya”.

Jika Anda ingin menampilkan kembali aplikasi yang disembunyikan di layar utama, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Ketuk opsi “Waktu Layar”.
  3. Ketuk opsi “Batasan Aplikasi”.
  4. Pilih kategori “Semua Aplikasi & Kategori”.
  5. Temukan aplikasi yang ingin Anda tampilkan kembali dan ketuk tombol (+) di sebelahnya.

Setelah Anda mengetuk tombol (+), aplikasi akan ditampilkan kembali di layar utama iPhone Anda.

Dengan menyembunyikan aplikasi, Anda dapat menjaga layar utama iPhone Anda tetap rapi dan teratur, sekaligus melindungi privasi Anda dengan mencegah orang lain mengakses aplikasi sensitif.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang cara menyembunyikan aplikasi di iPhone:

Pertanyaan 1: Mengapa saya ingin menyembunyikan aplikasi di iPhone saya?
Anda mungkin ingin menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda karena beberapa alasan, seperti untuk melindungi privasi Anda, menjaga layar utama tetap rapi, atau membatasi akses anak-anak ke aplikasi tertentu.

Pertanyaan 2: Aplikasi apa saja yang bisa saya sembunyikan?
Anda dapat menyembunyikan aplikasi apa pun yang diinstal pada iPhone Anda, termasuk aplikasi bawaan dan aplikasi pihak ketiga.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Cara Mengunci Aplikasi di Oppo

Pertanyaan 3: Apakah aplikasi yang disembunyikan akan dihapus dari iPhone saya?
Tidak, aplikasi yang disembunyikan tidak akan dihapus dari iPhone Anda. Aplikasi tersebut masih dapat diakses melalui Pencarian Spotlight atau Perpustakaan Aplikasi.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menampilkan kembali aplikasi yang disembunyikan?
Untuk menampilkan kembali aplikasi yang disembunyikan, buka aplikasi Pengaturan > Waktu Layar > Batasan Aplikasi > Semua Aplikasi & Kategori. Kemudian, temukan aplikasi yang ingin Anda tampilkan kembali dan ketuk tombol (+).

Pertanyaan 5: Apakah ada cara untuk menyembunyikan aplikasi tanpa menggunakan Batasan Aplikasi?
Tidak, tidak ada cara lain untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone tanpa menggunakan fitur Batasan Aplikasi.

Pertanyaan 6: Apakah menyembunyikan aplikasi memengaruhi kinerja iPhone saya?
Tidak, menyembunyikan aplikasi tidak akan memengaruhi kinerja iPhone Anda.

Pertanyaan 7: Bagaimana cara menyembunyikan aplikasi dengan cepat dan mudah?
Cara tercepat dan termudah untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan menggunakan fitur Pencarian Spotlight. Geser ke bawah dari tengah layar utama dan ketikkan nama aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Kemudian, tekan lama ikon aplikasi dan pilih “Sembunyikan” dari menu.

Selain FAQ di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda secara efektif:

Gunakan folder untuk mengelompokkan aplikasi yang jarang digunakan. Ini akan membantu Anda menjaga layar utama tetap rapi dan teratur, sekaligus menyembunyikan aplikasi yang tidak Anda perlukan setiap hari.

Gunakan fitur “Batasan Konten & Privasi” untuk membatasi akses ke aplikasi tertentu. Fitur ini memungkinkan Anda mengatur kata sandi atau kode sandi untuk aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, sehingga hanya Anda yang dapat mengaksesnya.

Gunakan fitur “Waktu Layar” untuk mengatur batas waktu penggunaan aplikasi. Fitur ini memungkinkan Anda mengatur batas waktu untuk aplikasi tertentu, sehingga Anda dapat mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk aplikasi tersebut dan menghindari godaan untuk terus menggunakannya.

Gunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang tersedia di App Store yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda. Aplikasi ini biasanya menggunakan kata sandi atau kode sandi untuk melindungi aplikasi yang disembunyikan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda dan menjaga privasi serta ketertiban layar utama Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda untuk melindungi privasi, mengelola ruang layar, dan menyusun aplikasi dengan lebih rapi.

Kesimpulan

Menyembunyikan aplikasi di iPhone adalah cara yang efektif untuk melindungi privasi, mengelola ruang layar, dan menyusun aplikasi dengan lebih rapi. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi apa pun di iPhone Anda.

Ingatlah untuk hanya menyembunyikan aplikasi yang benar-benar perlu Anda sembunyikan, karena menyembunyikan terlalu banyak aplikasi dapat membuat iPhone Anda lebih sulit untuk digunakan. Selain itu, pastikan untuk mengingat atau menyimpan kata sandi atau kode sandi yang Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi, agar Anda dapat mengaksesnya kembali jika diperlukan.

Dengan menggunakan fitur bawaan iPhone dan tips yang dibahas dalam artikel ini, Anda dapat menyesuaikan layar utama iPhone Anda sesuai keinginan Anda dan menjaga privasi serta ketertiban perangkat Anda.

Leave a Comment