Cara Melihat Aplikasi yang Baru Dihapus di Android


Cara Melihat Aplikasi yang Baru Dihapus di Android

Menghapus aplikasi dari ponsel Android adalah hal yang mudah dilakukan. Namun, bagaimana jika Anda tidak sengaja menghapus aplikasi penting atau berubah pikiran dan ingin mengembalikannya? Tenang saja, ada beberapa cara untuk melihat aplikasi yang baru dihapus di Android dan memulihkannya jika diperlukan.

Sebelum melanjutkan, perlu diingat bahwa cara-cara ini hanya akan berfungsi jika aplikasi yang dihapus masih tersimpan di cache atau memori internal ponsel Anda. Jika aplikasi sudah sepenuhnya dihapus dari perangkat, Anda mungkin tidak dapat memulihkannya tanpa cadangan.

Cara Melihat Aplikasi yang Baru Dihapus di Android

Berikut ini adalah 8 poin penting tentang cara melihat aplikasi yang baru dihapus di Android:

  • Cek Google Play Store
  • Gunakan App Library
  • Cari di Pengaturan
  • Periksa File Manager
  • Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga
  • Pulihkan dari Cadangan
  • Hubungi Pengembang
  • Root Perangkat (Hanya Pengguna Lanjutan)

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda seharusnya dapat melihat aplikasi yang baru dihapus di Android dan memulihkannya jika diperlukan. Namun, perlu diingat bahwa beberapa metode mungkin tidak berfungsi untuk semua perangkat atau versi Android.

Cek Google Play Store

Cara pertama untuk melihat aplikasi yang baru dihapus di Android adalah dengan memeriksa Google Play Store. Jika Anda masuk ke akun Google yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengunduh aplikasi yang dihapus, Anda dapat melihat riwayat pembelian Anda dan menginstal ulang aplikasi apa pun yang telah Anda beli sebelumnya.

  • Buka Google Play Store

    Ketuk ikon Google Play Store di layar beranda atau laci aplikasi Anda.

  • Ketuk ikon menu

    Ketuk ikon tiga garis di sudut kiri atas layar.

  • Pilih “Akun saya”

    Ketuk opsi “Akun saya” dari menu.

  • Pilih “Pembelian”

    Ketuk opsi “Pembelian” pada halaman “Akun saya”.

Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang telah Anda beli melalui Google Play Store. Aplikasi yang telah Anda hapus akan ditandai dengan label “Tidak terpasang”. Untuk menginstal ulang aplikasi, ketuk tombol “Instal” di sebelahnya.

Menggunakan App Library

App Library adalah fitur di perangkat Android yang menyimpan semua aplikasi yang telah Anda instal, termasuk aplikasi yang telah Anda hapus. Untuk melihat aplikasi yang baru dihapus di App Library:
– Buka App Library dengan menggeser ke kiri dari layar beranda.
– Ketuk ikon “Lihat semua aplikasi” di bagian bawah layar.
– Gulir ke bawah dan ketuk tab “Dihapus”.
Di tab “Dihapus”, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang telah Anda hapus dari perangkat. Untuk menginstal ulang aplikasi, ketuk tombol “Instal” di sebelahnya.
Catatan: App Library hanya tersedia di perangkat yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi.

Cari di Pengaturan

Cara lain untuk melihat aplikasi yang baru dihapus di Android adalah dengan memeriksa pengaturan perangkat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
– Buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat Anda.
– Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Aplikasi”.
– Ketuk tab “Semua aplikasi”.
– Gulir ke bawah daftar aplikasi dan cari aplikasi yang baru saja Anda hapus.
Jika aplikasi yang dihapus masih terinstal di perangkat, itu akan muncul di daftar. Anda dapat mengetuk aplikasi untuk melihat informasi lebih lanjut, termasuk opsi untuk menginstal ulang aplikasi.
Catatan: Pada beberapa perangkat, opsi “Semua aplikasi” mungkin tidak tersedia. Jika demikian, Anda dapat mengetuk opsi “Lihat semua aplikasi xx” (di mana xx adalah jumlah aplikasi yang terinstal di perangkat Anda) untuk melihat daftar lengkap semua aplikasi.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Download Aplikasi Mixer Audio Terbaik

Periksa File Manager

Salah ސatu cara untuk mencari aplikasi yang dihapus di Android adalah dengan memeriksa File Manager.

  • Buka File Manager
    Buka File Manager yang ada di ponsel Anda.
  • Cari folder “Aplikasi”
    Di File Manager, cari folder bernama “Aplikasi” atau “Apps”.
  • Urutkan file berdasarkan tanggal
    Setelah Anda berada di folder “Aplikasi”,
    ketuk pada titik tiga di sudut
    kanan dan kemudian urutkan file
    berdasarkan tanggal.
  • Temukan file .APK
    Cari file yang namanya diakhiran dengan
    ekstensi .APK. File-file ini adalah
    paket instalasi untuk aplikasi.

Jika Anda menemukan file .APK dari aplikasi yang dihapus, Anda dapat menginstalnya kembali dengan mengetuk file tersebut.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat aplikasi yang baru dihapus di Android. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda melakukan hal ini, seperti:
– **App History**
– **App Backup & Restore**
– **Undeleter**
Aplikasi ini bekerja dengan memindai perangkat Anda untuk mencari file sisa dari aplikasi yang dihapus. Setelah memindai, aplikasi akan menampilkan daftar aplikasi yang baru dihapus dan memberikan opsi untuk menginstalnya kembali.
Berikut ini langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat aplikasi yang baru dihapus:
1. Instal aplikasi dari Google Play Store.
2. Buka aplikasi dan berikan izin yang diperlukan.
3. Ketuk tombol ” Pindai” atau ” Pulihkan”.
4. Tunggu hingga pemindaian selesai.
5. Aplikasi akan menampilkan daftar aplikasi yang baru dihapus.
6. Pilih aplikasi yang ingin Anda pulihkan dan ketuk tombol ” Instal”.
Catatan: Aplikasi pihak ketiga mungkin tidak dapat memulihkan semua aplikasi yang dihapus. Beberapa aplikasi mungkin dilindungi oleh enkripsi atau mekanisme keamanan lainnya.

Pulihkan dari Cadangan

Jika Anda telah mencadangkan perangkat Android Anda sebelum menghapus aplikasi, Anda dapat memulihkan aplikasi yang dihapus dari cadangan. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Pastikan Anda memiliki cadangan yang berisi aplikasi yang dihapus.
2. Hapus instalasi aplikasi yang dihapus dari perangkat Anda (jika belum dihapus).
3. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda.
4. Ketuk opsi “Akun dan pencadangan”.
5. Ketuk opsi “Cadangkan dan pulihkan”.
6. Ketuk tombol “Pulihkan”.
7. Pilih cadangan yang berisi aplikasi yang dihapus.
8. Ketuk tombol “Pulihkan”.
Proses pemulihan akan memakan waktu beberapa menit, tergantung pada ukuran cadangan. Setelah proses pemulihan selesai, aplikasi yang dihapus akan diinstal ulang di perangkat Anda.
Catatan: Metode ini hanya akan berfungsi jika Anda memiliki cadangan yang berisi aplikasi yang dihapus. Jika Anda tidak memiliki cadangan, Anda tidak akan dapat memulihkan aplikasi yang dihapus menggunakan metode ini.

Hubungi Pengembang

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghubungi pengembang aplikasi yang dihapus. Pengembang mungkin dapat memberikan Anda salinan file .APK untuk aplikasi tersebut, yang dapat Anda instal secara manual di perangkat Anda.

  • Temukan informasi kontak pengembang
    Anda dapat menemukan informasi kontak pengembang di halaman aplikasi di Google Play Store, di situs web pengembang, atau di dalam aplikasi itu sendiri (biasanya di bagian “Tentang” atau “Bantuan”).
  • Jelaskan masalah Anda
    Dalam email atau pesan Anda kepada pengembang, jelaskan bahwa Anda telah menghapus aplikasi secara tidak sengaja dan ingin memulihkannya. Berikan nama aplikasi dan informasi lainnya yang relevan, seperti nomor versi atau tanggal penghapusan.
  • Minta file .APK
    Minta pengembang untuk memberikan Anda salinan file .APK untuk aplikasi tersebut. Jelaskan bahwa Anda bersedia menginstal aplikasi secara manual di perangkat Anda.
  • Tunggu balasan
    Tunggu balasan dari pengembang. Jika pengembang bersedia memberikan file .APK, mereka akan mengirimkan tautan unduhan atau melampirkan file ke email mereka.
Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Stock Opname Android

Setelah Anda menerima file .APK, Anda dapat menginstalnya secara manual di perangkat Anda dengan mengetuk file tersebut dan mengikuti petunjuk di layar.

Root Perデバイス (HanyaMuonulonjutan)

Metode ini ḥanya disarankan untuk pengguna mahir yang mengerti tentang root dan modifikasi perangkat Android. Rooting perangkat dapat menimbulkan risikopada keamanan dan stabilitas perangkat.

  • Rooting perangkat
    Root perangkat Anda menggunakan alat dan metode yang kompatibel dengan model dan versi Android Anda. Pastikan Anda mengikuti pet dari sumber terpercaya.
  • Instal file explorer dengan akses root
    Pasang file explorer yang memiliki akses root, seperti RootExplorer atau ES File Manager (Root). Aplikasi ini akan memungkinkan Anda mengakses file sistem perangkat.
  • Temukan folder data
    Buka file explorer dan navigasikan ke folder /data/app/. Di folder ini, Anda akan menemukan subfolder untuk semua приложения diinstal pada perangkat Anda, bahkan yang telah di-uninstall.
  • Cari dan salin file .apk
    Cari subfolder untuk приложения yang di-uninstall. Salin file .apk dari subfolder ke lokasi lain di perangkat Anda, seperti kartu SD atau folder unduh.

Setelah Anda menyalin file .apk, Anda dapat mencabut perangkat Anda dan mem-boot ulang ke mode normal. Instal file .apk yang disalin seperti biasa untuk memulihsan アプリケーション.

FAQ

Berikut ini beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara melihat aplikasi yang baru dihapus di Android:

Pertanyaan 1: Bisakah saya memulihkan aplikasi yang telah dihapus secara permanen?
Tidak, jika aplikasi telah dihapus secara permanen, Anda tidak akan dapat memulihkannya tanpa cadangan.

Pertanyaan 2: Apakah mungkin untuk melihat aplikasi yang baru dihapus tanpa root?
Ya, ada beberapa metode untuk melihat aplikasi yang baru dihapus tanpa root, seperti memeriksa Google Play Store, App Library, Pengaturan, dan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Pertanyaan 3: Mengapa saya tidak dapat menemukan aplikasi yang baru dihapus di folder /data/app/?
Beberapa aplikasi mungkin menyimpan file mereka di lokasi lain selain folder /data/app/. Coba periksa folder lain, seperti /sdcard/Android/data/.

Pertanyaan 4: Apakah rooting perangkat saya akan menghapus aplikasi yang baru dihapus?
Tidak, rooting perangkat tidak akan menghapus aplikasi yang baru dihapus. Namun, rooting dapat menimbulkan risiko lain, jadi pastikan Anda memahami risikonya sebelum melakukan rooting.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Jodoh Orang Kaya

Pertanyaan 5: Bisakah saya memulihkan aplikasi berbayar yang telah saya hapus?
Ya, Anda dapat memulihkan aplikasi berbayar yang telah Anda hapus dengan masuk ke akun Google yang sama yang Anda gunakan untuk membeli aplikasi tersebut di Google Play Store.

Pertanyaan 6: Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat menemukan file .apk untuk aplikasi yang baru dihapus?
Jika Anda tidak dapat menemukan file .apk untuk aplikasi yang baru dihapus, Anda dapat mencoba menghubungi pengembang aplikasi tersebut dan meminta salinannya.

Jika Anda masih mengalami masalah dalam melihat aplikasi yang baru dihapus di Android, Anda dapat mencari bantuan dari forum atau komunitas online.

Selain metode yang dibahas di atas, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda mencegah penghapusan aplikasi yang tidak disengaja dan mempermudah pemulihan aplikasi yang dihapus:

Tips

Selain metode yang dibahas di atas, berikut ini beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda mencegah penghapusan aplikasi yang tidak disengaja dan mempermudah pemulihan aplikasi yang dihapus:

Gunakan fitur “App Pinning”
Aktifkan fitur “App Pinning” di pengaturan perangkat Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk “menjepit” aplikasi tertentu di layar, sehingga aplikasi tersebut tidak dapat ditutup secara tidak sengaja.

Buat cadangan aplikasi secara teratur
Cadangkan aplikasi Anda secara teratur menggunakan fitur pencadangan bawaan Android atau aplikasi pencadangan pihak ketiga. Dengan begitu, Anda dapat memulihkan aplikasi dengan mudah jika terjadi penghapusan yang tidak disengaja.

Berhati-hatilah saat memberikan izin
Saat menginstal aplikasi baru, berhati-hatilah saat memberikan izin. Beberapa aplikasi meminta izin untuk menghapus aplikasi lain, jadi pastikan Anda hanya memberikan izin yang diperlukan.

Gunakan aplikasi “Pengunci Aplikasi”
Instal aplikasi “Pengunci Aplikasi” untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra. Aplikasi ini dapat mencegah penghapusan aplikasi yang tidak sah dengan meminta kata sandi atau pola.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meminimalkan risiko penghapusan aplikasi yang tidak disengaja dan memastikan bahwa Anda dapat memulihkan aplikasi yang dihapus dengan mudah.

Dengan memahami metode dan tips yang dibahas dalam artikel ini, Anda akan dapat melihat aplikasi yang baru dihapus di Android dan memulihkannya jika diperlukan. Ingat, selalu berhati-hatilah saat menghapus aplikasi dan pastikan Anda memiliki cadangan untuk berjaga-jaga.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai metode untuk melihat aplikasi yang baru dihapus di Android dan memulihkannya jika diperlukan. Metode-metode tersebut meliputi:

  • Memeriksa Google Play Store
  • Menggunakan App Library
  • Mencari di Pengaturan
  • Memeriksa File Manager
  • Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
  • Memulihkan dari Cadangan
  • Hubungi Pengembang
  • Root Perangkat (Hanya Pengguna Lanjutan)

Selain metode tersebut, kami juga telah memberikan beberapa tips untuk mencegah penghapusan aplikasi yang tidak disengaja dan mempermudah pemulihan aplikasi yang dihapus. Dengan memahami metode dan tips ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda dapat mengelola aplikasi di perangkat Android Anda dengan aman dan efektif.

Ingat, selalu berhati-hatilah saat menghapus aplikasi, pastikan Anda memiliki cadangan, dan jangan ragu untuk menghubungi pengembang atau mencari bantuan dari komunitas online jika Anda mengalami masalah dalam melihat atau memulihkan aplikasi yang baru dihapus.

Leave a Comment