Cara Melihat Chat WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi


Cara Melihat Chat WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Pesan WhatsApp yang telah dihapus dapat menjadi sumber frustasi, terutama jika Anda kehilangan informasi atau percakapan penting. Meskipun WhatsApp tidak memiliki fitur bawaan untuk memulihkan pesan yang dihapus, ada beberapa cara untuk melihat chat WA yang sudah dihapus tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara-cara ini memanfaatkan fitur dan pengaturan yang ada di WhatsApp itu sendiri.

Cara-cara ini dapat berguna dalam berbagai situasi, seperti ketika Anda tidak sempat membalas pesan sebelum dihapus, atau ketika Anda ingin meninjau kembali percakapan lama yang mungkin telah dihapus secara tidak sengaja. Dengan memahami metode yang dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat mengatasi kehilangan pesan WhatsApp yang dihapus dan memastikan bahwa Anda tidak kehilangan informasi atau percakapan penting.

Sebelum melanjutkan, penting untuk diketahui bahwa cara-cara yang dibahas dalam artikel ini hanya berlaku untuk pesan yang dihapus oleh pengirim, bukan oleh penerima. Jika Anda yang menghapus pesan tersebut, maka tidak ada cara untuk memulihkannya tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Melihat Chat WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Berikut adalah 10 poin penting tentang cara melihat chat WA yang sudah dihapus tanpa aplikasi:

  • Gunakan fitur notifikasi
  • Matikan koneksi internet
  • Gunakan aplikasi file manager
  • Gunakan Google Drive
  • Gunakan WhatsApp Web
  • Minta riwayat chat
  • Gunakan fitur “Balas”
  • Manfaatkan grup WhatsApp
  • Aktifkan fitur cadangan otomatis
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga (hanya jika diperlukan)

Dengan memahami dan menerapkan poin-poin penting ini, Anda dapat meningkatkan peluang untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus dan menjaga percakapan Anda tetap utuh.

Gunakan fitur notifikasi

Notifikasi WhatsApp dapat memberikan pet线索 bahkan setelah pesan di

  • Baca pesan di panel notifikasi
    Meskipun pesan telah dioleh pengrim, Anda masih dapat membacanya di panel notifikasi jika Anda membukanya sebelum pesan tersebut menghilang.
  • Ambil tangkapan layar notifikasi
    Jika Anda tidak sempat membaca pesan di panel notifikasi, Anda dapat mengambil tangkapan layar untuk menyimpannya sebagai bukti.
  • Gunakan aplikasi pihak ketika
    Beberapa aplikasi pihak ketika, seperti Notification History, dapat menyimpan dan menampilkan riwayat notifikasi, termasuk pesan WhatsApp yang di.
  • Aktifkan fitur “Tampilan Prioritas”
    Untuk perangkat Android, aktifkan fitur “Tampilan Prioritas” untuk menampilkan notifikasi WhatsApp di atas aplikasi lain, sehingga Anda lebih kecil kemungkinannya untuk melewatkan pesan penting.

Dengan menggunakan fitur notifikasi secara efektif, Anda dapat meningkatkan peluang untuk melihat dan menyimpan pesan WhatsApp yang sudah di, meskipun Anda tidak sempat membukanya di aplikasi.

Matikan koneksi internet

Ketika Anda menerima pesan WhatsApp, pesan tersebut akan disimpan di perangkat Anda. Namun, jika pengirim menghapus pesan tersebut sebelum Anda sempat membacanya, pesan tersebut akan dihapus dari perangkat Anda juga.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat mencoba mematikan koneksi internet Anda segera setelah menerima notifikasi pesan baru. Ini akan menghentikan WhatsApp mengunduh pesan yang dihapus dari server, sehingga pesan tersebut tetap tersimpan di perangkat Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mematikan koneksi internet untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus:

  1. Aktifkan mode pesawat atau matikan Wi-Fi dan data seluler.
  2. Buka WhatsApp dan baca pesan yang ingin Anda simpan.
  3. Setelah membaca pesan, tutup WhatsApp dan aktifkan kembali koneksi internet Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan peluang untuk melihat dan menyimpan pesan WhatsApp yang dihapus, bahkan jika pengirim telah menghapusnya.

Gunakan aplikasi file manager

Aplikasi file manager dapat digunakan untuk mengakses file-file database WhatsApp yang tersimpan di perangkat Anda, termasuk pesan yang telah dihapus.

  • Temukan folder database WhatsApp
    Buka aplikasi file manager dan navigasikan ke folder berikut: /sdcard/WhatsApp/Databases/.
  • Cari file msgstore.db.crypt12
    File ini berisi semua pesan WhatsApp Anda, termasuk pesan yang telah dihapus. Harap dicatat bahwa file ini dienkripsi, sehingga Anda memerlukan alat dekripsi untuk membukanya.
  • Gunakan alat dekripsi
    Ada beberapa alat dekripsi yang tersedia secara online yang dapat Anda gunakan untuk mendekripsi file msgstore.db.crypt12. Salah satu alat populer adalah WhatsApp Viewer.
  • Ekstrak pesan
    Setelah file didekripsi, Anda dapat menggunakan alat seperti SQLite Database Browser untuk mengekstrak pesan dari file tersebut. Pesan yang dihapus akan ditandai dengan kolom deleted="1".

Meskipun metode ini memungkinkan Anda untuk melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus, namun prosesnya bisa rumit dan memakan waktu. Selain itu, metode ini hanya dapat digunakan untuk pesan yang belum ditimpa oleh pesan baru. Oleh karena itu, penting untuk bertindak cepat jika Anda ingin memulihkan pesan yang dihapus.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi YouTube MP3 Converter Terbaik

Gunakan Google Drive

Jika Anda telah mengaktifkan fitur pencadangan otomatis WhatsApp ke Google Drive, Anda dapat memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus dengan memulihkan cadangan dari Google Drive.

  • Pastikan Anda memiliki cadangan
    Periksa apakah Anda telah mengaktifkan fitur pencadangan otomatis dan apakah terdapat cadangan terbaru di Google Drive.
  • Hapus instalan dan instal ulang WhatsApp
    Di perangkat Anda, hapus instalan WhatsApp dan instal ulang dari Google Play Store.
  • Verifikasi nomor telepon Anda
    Setelah menginstal ulang WhatsApp, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk ke akun Anda.
  • Pulihkan cadangan
    WhatsApp akan secara otomatis mendeteksi cadangan Google Drive Anda dan meminta Anda untuk memulihkannya. Ketuk tombol “Pulihkan” untuk memulai proses pemulihan.

Proses pemulihan akan memakan waktu, tergantung pada ukuran cadangan Anda. Setelah proses selesai, semua pesan WhatsApp Anda, termasuk pesan yang dihapus, akan dipulihkan ke perangkat Anda.

Harap dicatat bahwa metode ini hanya akan memulihkan pesan yang dicadangkan sebelum pesan tersebut dihapus. Oleh karena itu, penting untuk mengaktifkan pencadangan otomatis secara teratur untuk memastikan bahwa Anda tidak kehilangan pesan penting.

Gunakan WhatsApp Web

WhatsApp Web adalah versi desktop WhatsApp yang memungkinkan Anda mengakses akun WhatsApp Anda melalui browser web. Anda dapat menggunakan WhatsApp Web untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus, meskipun pesan tersebut telah dihapus dari perangkat seluler Anda.

  • Buka WhatsApp Web
    Buka situs web WhatsApp Web (https://web.whatsapp.com/) di browser web Anda.
  • Pindai kode QR
    Buka WhatsApp di perangkat seluler Anda dan ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas. Pilih “Perangkat Tertaut” dan kemudian “Pindai Kode QR”. Pindai kode QR yang ditampilkan di situs web WhatsApp Web.
  • Lihat pesan yang dihapus
    Setelah Anda terhubung ke WhatsApp Web, Anda dapat melihat semua pesan WhatsApp Anda, termasuk pesan yang telah dihapus. Pesan yang dihapus akan ditampilkan dengan teks berwarna abu-abu dan dengan garis coret.
  • Ekspor obrolan
    Untuk menyimpan pesan yang dihapus, Anda dapat mengekspor obrolan dari WhatsApp Web. Buka obrolan yang berisi pesan yang dihapus, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, dan pilih “Ekspor Obrolan”. Anda dapat memilih untuk mengekspor obrolan dengan atau tanpa media.

Menggunakan WhatsApp Web untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus adalah metode yang mudah dan nyaman. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya berfungsi jika Anda telah terhubung ke WhatsApp Web sebelum pesan dihapus.

Minta riwayat chat

Jika Anda tidak dapat melihat pesan WhatsApp yang dihapus menggunakan metode lain, Anda dapat mencoba meminta riwayat chat dari WhatsApp.

  • Buka WhatsApp
    Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  • Buka Pengaturan
    Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih “Pengaturan”.
  • Pilih “Akun”
    Ketuk opsi “Akun” dan kemudian pilih “Minta Info Akun”.
  • Minta riwayat chat
    Ketuk tombol “Minta Riwayat Chat”. WhatsApp akan mulai mengumpulkan riwayat chat Anda, termasuk pesan yang dihapus.

Proses pengumpulan riwayat chat bisa memakan waktu hingga beberapa hari. Setelah proses selesai, Anda akan menerima file ZIP yang berisi riwayat chat Anda. Anda dapat mengekstrak file ZIP tersebut untuk melihat pesan WhatsApp Anda, termasuk pesan yang telah dihapus.

Harap dicatat bahwa metode ini hanya akan memulihkan pesan yang telah dicadangkan ke Google Drive. Jika Anda tidak mengaktifkan fitur pencadangan otomatis, pesan yang dihapus tidak akan dapat dipulihkan.

Gunakan fitur “Balas”

Bahkan jika pesan WhatsApp telah dihapus, Anda masih dapat melihat kutipan pesan tersebut jika seseorang membalasnya. Ketika seseorang membalas pesan yang telah dihapus, kutipan pesan tersebut akan tetap muncul di obrolan, sehingga Anda dapat membacanya.

Untuk melihat pesan yang dihapus menggunakan fitur “Balas”, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka obrolan WhatsApp yang содержит pesan yang dihapus.
  2. Cari pesan yang membalas pesan yang dihapus.
  3. Ketuk dan tahan pesan balasan tersebut.
  4. Pilih opsi “Info”.

Di bagian “Kutipan”, Anda akan dapat melihat kutipan dari pesan yang telah dihapus. Harap dicatat bahwa metode ini hanya berfungsi jika seseorang membalas pesan yang dihapus sebelum Anda sempat membacanya.

Fitur “Balas” memberikan cara mudah untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus, tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau memulihkan riwayat chat. Namun, metode ini bergantung pada apakah seseorang membalas pesan yang dihapus sebelum Anda sempat membacanya.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Trading untuk Pemula: Panduan Memilih dan Menggunakan

Manfaatkan grup WhatsApp

Jika Anda adalah anggota grup WhatsApp yang sama dengan orang yang menghapus pesan, Anda mungkin masih dapat melihat pesan tersebut di grup.

  • Cari pesan yang dihapus di grup
    Buka grup WhatsApp dan gulir ke atas untuk mencari pesan yang dihapus. Jika pesan tersebut telah dihapus baru-baru ini, kemungkinan masih muncul di grup.
  • Minta anggota grup untuk meneruskan pesan
    Jika Anda tidak dapat menemukan pesan yang dihapus di grup, Anda dapat meminta anggota grup lainnya untuk meneruskan pesan tersebut kepada Anda.
  • Gunakan fitur “Balas”
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda dapat menggunakan fitur “Balas” untuk melihat kutipan pesan yang dihapus, bahkan jika pesan tersebut telah dihapus dari obrolan pribadi Anda.
  • Buat grup baru
    Jika Anda tidak dapat menemukan pesan yang dihapus di grup WhatsApp yang ada, Anda dapat mencoba membuat grup baru dengan orang yang menghapus pesan tersebut. Kemudian, minta orang tersebut untuk meneruskan pesan yang dihapus ke grup baru.

Memanfaatkan grup WhatsApp untuk melihat pesan yang dihapus dapat menjadi solusi yang efektif, terutama jika Anda adalah anggota grup yang sama dengan orang yang menghapus pesan tersebut. Namun, metode ini bergantung pada apakah pesan tersebut masih ada di grup dan apakah anggota grup lainnya bersedia meneruskan pesan tersebut kepada Anda.

Matic fitur cadangan otomatis

Jika Anda mengaktifkan fitur cadangan otomatis WhatsApp, Anda dapat pulih pesan yang dihapus dengan memulihkan cadangan dari Google Drive atau iCloud.

  • Pastikan fitur cadangan otomatis aktif
    Periksa apakah Anda telah mengaktifkan fitur cadangan otomatis di pengaturan WhatsApp Anda.
  • Hapus instalan dan instal ulang WhatsApp
    Di perangkat Anda, hapus instalan WhatsApp dan instal ulang dari Google Play Store atau App Store.
  • Verifikasi nomor telepon Anda
    Setelah menginstal ulang WhatsApp, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk ke akun Anda.
  • Pulihkan cadangan
    WhatsApp akan menkompresi menkryol otomatis mendetelingi cadangan Google Drive atau iCloud Anda dan meminta Anda untuk memulihkannya. Ketuk tombol “Pulihkan” untuk memulai proses pemulihan.

Proses pemulihan akan memakan waktu, tergantung pada ukuran cadangan Anda. Setelah proses selesai, semua pesan WhatsApp Anda, termasuk pesan yang dihapus, akan dipulihkan ke perangkat Anda.

Matic fitur cadangan otomatis adalah cara yang mudah dan efektif untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus. Namun, penting untuk diingat bahwa metode ini hanya dapat memulihkan pesan yang dicadangkan sebelum pesan tersebut dihapus.

Gunakan aplikasi pihak ketiga (hanya jika diperlukan)

Jika semua metode yang disebutkan di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi pihak ketiga ini mungkin tidak selalu dapat diandalkan atau aman.

  • Pilih aplikasi pihak ketiga yang tepercaya
    Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia yang mengklaim dapat memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus. Lakukan riset untuk memilih aplikasi yang tepercaya dan memiliki ulasan yang baik.
  • Berikan izin akses
    Setelah menginstal aplikasi pihak ketiga, Anda mungkin perlu memberikan izin akses ke penyimpanan perangkat Anda atau akun WhatsApp Anda.
  • Pindai perangkat Anda
    Aplikasi pihak ketiga akan memindai perangkat Anda untuk mencari pesan WhatsApp yang dihapus. Proses ini mungkin memakan waktu, tergantung pada ukuran penyimpanan Anda.
  • Pulihkan pesan
    Setelah pemindaian selesai, aplikasi pihak ketiga akan menampilkan daftar pesan yang dihapus. Anda dapat memilih pesan yang ingin dipulihkan dan mengekspornya ke perangkat Anda.

Meskipun aplikasi pihak ketiga dapat menjadi pilihan terakhir untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus, penting untuk menggunakannya dengan hati-hati. Pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi yang tepercaya dan berhati-hatilah terhadap aplikasi yang meminta akses yang tidak perlu atau menampilkan iklan yang mencurigakan.

FAQ

Untuk melengkapi informasi tentang cara melihat chat WA yang sudah dihapus, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan (FAQ):

Question 1: Kenapa chat WA bisa terhapus?
Chat WA dapat terhapus karena berbagai penyebab, seperti penghapusan yang tidak sengaja, gangguan teknis, atau perubahan pengaturan.

Question 2: Apakah chat WA yang sudah dihapus bisa dikembalikan?
Ya, ada beberapa cara untuk mengembalikan chat WA yang sudah dihapus, seperti menggunakan notifikasi, mematikan koneksi internet, menggunakan file manager, dan lainnya.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Foto Bergerak dengan Musik

Question 3: Bagaimana cara melihat chat WA yang sudah dihapus jika pengirimnya sudah menghapus?
Jika pengirim sudah menghapus chat, Anda dapat menggunakan beberapa cara, seperti meminta riwayat chat ke WhatsApp, menggunakan “Quoted Reply”, memanfaatkan grup, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga (hanya jika diperlukan).

Question 4: Apakah ada cara untuk mencegah chat WA terhapus?
Ya, Anda dapat mencegah chat WA terhapus dengan cara aktifkan cadangan otomatis ke Google Drive atau iCloud.

Question 5: Bagaimana cara memulihkan chat WA yang sudah dihapus di iPhone?
Anda dapat memulihkan chat WA yang sudah dihapus di iPhone dengan menggunakan cadangan iCloud, menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau meminta riwayat chat ke WhatsApp.

Question 6: Apakah ada batas waktu untuk memulihkan chat WA yang sudah dihapus?
Tidak ada batas waktu untuk memulihkan chat WA yang sudah dihapus, tetapi semakin lama chat tersebut dihapus, semakin kecil kemungkinan untuk dapat dikembalikan.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara melihat chat WA yang sudah dihapus. Jika Anda mengalami masalah dengan chat WA yang terhapus, Anda dapat menggunakan cara-cara yang dijelaskan dalam artikel ini untuk memulihkannya.

Selain menggunakan cara-cara tersebut, Anda juga dapat melakukan beberapa tips untuk menghindari kehilangan chat WA, seperti mencadangkan chat secara teratur, menggunakan aplikasi pengunci obrolan, dan menghindari menghapus chat secara tidak sengaja.

Tips

Selain menggunakan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kehilangan chat WA dan memudahkan pemulihan chat yang terhapus:

Cadangkan chat secara teratur
Aktifkan fitur pencadangan otomatis di pengaturan WhatsApp untuk mencadangkan chat Anda ke Google Drive atau iCloud secara berkala. Dengan begitu, jika Anda kehilangan chat, Anda dapat memulihkannya dari cadangan.

Gunakan aplikasi pengunci obrolan
Ada beberapa aplikasi pengunci obrolan yang tersedia di Play Store dan App Store yang dapat membantu Anda melindungi obrolan WA dari penghapusan yang tidak disengaja. Aplikasi ini biasanya mengharuskan Anda memasukkan kata sandi atau pola untuk membuka obrolan, sehingga meminimalkan risiko penghapusan yang tidak diinginkan.

Hindari menghapus chat secara tidak sengaja
Sebelum menghapus obrolan, pastikan Anda benar-benar ingin menghapusnya. WhatsApp tidak menyediakan fitur “undo” untuk penghapusan chat, sehingga jika Anda menghapus obrolan secara tidak sengaja, Anda tidak akan dapat mengembalikannya.

Simpan nomor kontak penting
Jika Anda memiliki obrolan penting dengan seseorang dan khawatir kehilangan obrolan tersebut, simpan nomor kontak orang tersebut di buku alamat Anda. Dengan begitu, meskipun Anda kehilangan obrolan, Anda masih dapat menghubungi orang tersebut dan meminta salinan obrolan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat meminimalkan risiko kehilangan chat WA dan memaksimalkan peluang untuk memulihkan chat yang terhapus.

Dengan memahami cara-cara melihat chat WA yang sudah dihapus tanpa aplikasi dan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menjaga agar komunikasi Anda tetap aman dan terlindungi.

Conclusion

この記事では obcí cara melihat chat WA yang sudah dihapus tanpa aplikasi dibahas secara lengkap. Telah dijelaskan berbagai metode yang dapat digunakan untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus, seperti menggunakan notifikasi, mematikan internet, menggunakan file manager, menggunakan Google Drive, menggunakan WhatsApp Web, meminta riwayat chat, menggunakan fitur “Balas”, memanfaatkan grup WhatsApp, mengaktifkan fitur cadangan otomatis, dan menggunakan aplikasi pihak ketiga (hanya jika diperlukan).
Selain itu, tips-tips praktis juga diberikan untuk membantu Anda menghindari kehilangan chat WA dan memudahkan pemulihan chat yang terhapus. Dengan memahami dan menerapkan cara-cara dan tips-tips tersebut, Anda dapat menjaga agar komunikasi Anda tetap aman dan terlindungi.
Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa tidak semua metode yang dibahas dapat berhasil dalam semua situasi. Keberhasilan pemulihan chat WA yang terhapus tergantung pada berbagai faktor, seperti waktu penghapusan, apakah pesan telah ditimpa oleh pesan baru, dan apakah Anda telah mengaktifkan fitur cadangan atau tidak.
Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang keamanan dan privasi chat WA Anda, disarankan untuk selalu mengaktifkan fitur cadangan otomatis dan menggunakan kata sandi atau verifikasi dua faktor untuk mengamankan akun Anda. Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat meminimalkan risiko kehilangan chat WA yang penting dan memastikan bahwa komunikasi Anda tetap aman dan terkendali.

Leave a Comment