Cara Melihat Riwayat Aplikasi yang Pernah Diunduh


Cara Melihat Riwayat Aplikasi yang Pernah Diunduh

Mengetahui riwayat aplikasi yang pernah diunduh pada perangkat Android atau iOS dapat berguna untuk berbagai alasan, seperti memeriksa aplikasi yang tidak lagi digunakan atau melacak unduhan yang dilakukan oleh anak-anak. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara melihat riwayat aplikasi yang pernah diunduh pada perangkat Anda.

Pada perangkat Android, buka Google Play Store dan ketuk ikon menu tiga garis di pojok kiri atas. Kemudian, pilih “Akun saya” dan gulir ke bawah ke “Riwayat Pesanan”. Di sini, Anda akan menemukan daftar semua aplikasi yang pernah dibeli atau diunduh gratis dari Play Store.

Cara Melihat Riwayat Aplikasi yang Pernah Diunduh

Berikut adalah 7 poin penting tentang cara melihat riwayat aplikasi yang pernah diunduh:

  • Buka toko aplikasi (Google Play Store atau App Store)
  • Cari bagian “Akun” atau “Profil”
  • Temukan “Riwayat Pembelian” atau “Riwayat Unduhan”
  • Lihat daftar aplikasi yang pernah diunduh
  • Urutkan berdasarkan tanggal atau nama aplikasi
  • Filter berdasarkan jenis aplikasi (gratis/berbayar)
  • Hapus aplikasi dari riwayat jika perlu

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah melacak dan mengelola riwayat unduhan aplikasi pada perangkat Anda.

, Saxe: Saxe

Cari Bagian “Akun” atau “Profil”

Setelah membuka toko aplikasi (Google Play Store atau App Store), langkah selanjutnya adalah mencari bagian “Akun” atau “Profil”. Bagian ini biasanya terletak di pojok kanan bawah (di Android) atau pojok kanan atas (di iOS).

Ketuk bagian “Akun” atau “Profil” untuk membuka halaman pengaturan akun Anda. Di halaman ini, Anda akan menemukan berbagai informasi tentang akun Anda, termasuk riwayat pembelian dan unduhan aplikasi.

Pada perangkat Android, bagian “Riwayat Pembelian” biasanya dapat ditemukan di bawah bagian “Pembayaran dan langganan”. Pada perangkat iOS, bagian “Riwayat Unduhan” biasanya dapat ditemukan di bawah bagian “iTunes & App Store”.

Setelah menemukan bagian “Riwayat Pembelian” atau “Riwayat Unduhan”, ketuk untuk membuka daftar semua aplikasi yang pernah dibeli atau diunduh secara gratis dari toko aplikasi.

Temukan “Riwayat Pembelian” atau “Riwayat Unduhan”

Setelah membuka bagian “Akun” atau “Profil” di toko aplikasi, langkah selanjutnya adalah menemukan bagian “Riwayat Pembelian” atau “Riwayat Unduhan”. Bagian ini biasanya dapat ditemukan di bawah bagian “Pembayaran dan langganan” pada perangkat Android atau di bawah bagian “iTunes & App Store” pada perangkat iOS.

  • Pada perangkat Android: Bagian “Riwayat Pembelian” biasanya dapat ditemukan di bagian “Kelola akun Anda” atau “Pembayaran dan langganan”.
  • Pada perangkat iOS: Bagian “Riwayat Unduhan” biasanya dapat ditemukan di bagian “iTunes & App Store” atau “Lihat ID Apple”.
  • Tips: Anda juga dapat menggunakan fungsi pencarian di dalam toko aplikasi untuk mencari “Riwayat Pembelian” atau “Riwayat Unduhan”.
  • Catatan: Pada beberapa perangkat atau versi toko aplikasi tertentu, bagian “Riwayat Pembelian” atau “Riwayat Unduhan” mungkin tidak tersedia. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu memeriksa bagian lain di toko aplikasi atau menghubungi dukungan pelanggan untuk mendapatkan bantuan.

Setelah menemukan bagian “Riwayat Pembelian” atau “Riwayat Unduhan”, ketuk untuk membuka daftar semua aplikasi yang pernah dibeli atau diunduh secara gratis dari toko aplikasi.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Penyimpan Video Ig

Lihat Daftar Aplikasi yang Pernah Diunduh

Setelah membuka bagian “Riwayat Pembelian” atau “Riwayat Unduhan”, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang pernah dibeli atau diunduh secara gratis dari toko aplikasi. Daftar ini biasanya disusun berdasarkan tanggal, dengan aplikasi terbaru berada di bagian atas.

  • Pada perangkat Android: Riwayat pembelian akan menampilkan informasi seperti nama aplikasi, tanggal pembelian, dan jumlah yang dibayarkan. Riwayat unduhan akan menampilkan informasi seperti nama aplikasi, tanggal unduhan, dan ukuran file.
  • Pada perangkat iOS: Riwayat unduhan akan menampilkan informasi seperti nama aplikasi, tanggal unduhan, dan ukuran file. Aplikasi yang dibeli akan ditandai dengan label “Dibeli”.
  • Tips: Anda dapat mengurutkan daftar berdasarkan tanggal, nama aplikasi, atau jenis aplikasi (gratis/berbayar) menggunakan menu sortir yang tersedia di toko aplikasi.
  • Catatan: Beberapa aplikasi mungkin tidak lagi tersedia di toko aplikasi karena telah dihapus oleh pengembang atau karena alasan lainnya. Dalam hal ini, aplikasi tersebut akan ditampilkan dalam daftar riwayat unduhan dengan status “Tidak tersedia”.

Dengan memeriksa daftar aplikasi yang pernah diunduh, Anda dapat melacak aplikasi yang telah Anda gunakan di masa lalu, memeriksa apakah ada aplikasi yang tidak lagi digunakan, atau memantau unduhan yang dilakukan oleh anak-anak atau anggota keluarga lainnya.

Urutkan Berdasarkan Tanggal atau Nama Aplikasi

Untuk memudahkan Anda menemukan aplikasi tertentu dalam daftar riwayat unduhan, toko aplikasi menyediakan fitur pengurutan. Anda dapat mengurutkan daftar berdasarkan tanggal atau nama aplikasi, tergantung pada kebutuhan Anda.

Mengurutkan Berdasarkan Tanggal:

  • Pada perangkat Android, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih “Urutkan”. Kemudian, pilih “Tanggal” dan tentukan apakah Anda ingin mengurutkan dari yang terbaru ke terlama atau sebaliknya.
  • Pada perangkat iOS, ketuk ikon “Urutkan” di pojok kanan atas dan pilih “Tanggal Unduh”. Anda dapat memilih untuk mengurutkan dari yang terbaru ke terlama atau sebaliknya.

Mengurutkan Berdasarkan Nama Aplikasi:

  • Pada perangkat Android, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih “Urutkan”. Kemudian, pilih “Nama” dan tentukan apakah Anda ingin mengurutkan dari A ke Z atau sebaliknya.
  • Pada perangkat iOS, ketuk ikon “Urutkan” di pojok kanan atas dan pilih “Nama”. Anda dapat memilih untuk mengurutkan dari A ke Z atau sebaliknya.

Dengan mengurutkan daftar riwayat unduhan, Anda dapat dengan cepat menemukan aplikasi yang Anda cari, baik berdasarkan tanggal unduhan maupun nama aplikasi.

Filter Berdasarkan Jenis Aplikasi (Gratis/Berbayar)

Selain mengurutkan daftar riwayat unduhan, toko aplikasi juga menyediakan fitur filter untuk membantu Anda menemukan aplikasi tertentu dengan lebih mudah. Salah satu filter yang tersedia adalah filter berdasarkan jenis aplikasi, yaitu aplikasi gratis atau berbayar.

Memfilter Aplikasi Gratis:

  • Pada perangkat Android, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih “Filter”. Kemudian, aktifkan filter “Hanya gratis”.
  • Pada perangkat iOS, ketuk ikon “Filter” di pojok kanan atas dan aktifkan filter “Gratis”.
Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Nonton Film Gratis Ilegal

Memfilter Aplikasi Berbayar:

  • Pada perangkat Android, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih “Filter”. Kemudian, aktifkan filter “Hanya berbayar”.
  • Pada perangkat iOS, ketuk ikon “Filter” di pojok kanan atas dan aktifkan filter “Dibeli”.

Dengan menggunakan filter jenis aplikasi, Anda dapat dengan cepat menemukan aplikasi gratis atau berbayar yang pernah Anda unduh. Hal ini dapat berguna jika Anda ingin melacak pengeluaran Anda untuk aplikasi atau jika Anda ingin menemukan aplikasi gratis baru untuk dicoba.

Hapus Aplikasi dari Riwayat Jika Perlu

Setelah memeriksa riwayat unduhan aplikasi, Anda mungkin ingin menghapus beberapa aplikasi dari daftar karena berbagai alasan, seperti aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, aplikasi yang tidak diinginkan, atau untuk melindungi privasi. Berikut adalah cara menghapus aplikasi dari riwayat unduhan:

Pada perangkat Android:

  • Buka Google Play Store dan ketuk ikon menu tiga garis di pojok kiri atas.
  • Pilih “Akun saya” dan gulir ke bawah ke “Riwayat Pesanan”.
  • Temukan aplikasi yang ingin dihapus dan ketuk ikon titik tiga di sebelahnya.
  • Pilih “Hapus dari riwayat”.

Pada perangkat iOS:

  • Buka App Store dan ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas.
  • Pilih “Dibeli”.
  • Temukan aplikasi yang ingin dihapus dan geser ke kiri.
  • Ketuk tombol “Sembunyikan”.

Dengan menghapus aplikasi dari riwayat unduhan, aplikasi tersebut tidak akan lagi muncul dalam daftar riwayat. Namun, perlu diketahui bahwa menghapus aplikasi dari riwayat tidak akan menghapus aplikasi itu sendiri dari perangkat Anda. Jika Anda ingin menghapus aplikasi dari perangkat Anda, Anda perlu melakukannya melalui menu Pengaturan atau menggunakan aplikasi pengelola file.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara melihat riwayat aplikasi yang pernah diunduh:

Pertanyaan 1: Di mana saya dapat melihat riwayat unduhan aplikasi saya?

Jawaban: Pada perangkat Android, Anda dapat melihat riwayat unduhan di Google Play Store pada bagian “Akun saya” > “Riwayat Pesanan”. Pada perangkat iOS, Anda dapat melihat riwayat unduhan di App Store pada bagian “Dibeli”.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengurutkan riwayat unduhan aplikasi?

Jawaban: Anda dapat mengurutkan riwayat unduhan berdasarkan tanggal atau nama aplikasi. Pada perangkat Android, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih “Urutkan”. Pada perangkat iOS, ketuk ikon “Urutkan” di pojok kanan atas.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara memfilter riwayat unduhan aplikasi berdasarkan jenis aplikasi?

Jawaban: Anda dapat memfilter riwayat unduhan berdasarkan aplikasi gratis atau berbayar. Pada perangkat Android, ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih “Filter”. Pada perangkat iOS, ketuk ikon “Filter” di pojok kanan atas.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menghapus aplikasi dari riwayat unduhan?

Jawaban: Pada perangkat Android, buka Google Play Store > “Akun saya” > “Riwayat Pesanan”. Ketuk ikon titik tiga di sebelah aplikasi yang ingin dihapus dan pilih “Hapus dari riwayat”. Pada perangkat iOS, buka App Store > “Dibeli”. Geser aplikasi yang ingin dihapus ke kiri dan ketuk tombol “Sembunyikan”.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi untuk Membuka Link dari WhatsApp

Pertanyaan 5: Apakah menghapus aplikasi dari riwayat unduhan akan menghapus aplikasi tersebut dari perangkat saya?

Jawaban: Tidak. Menghapus aplikasi dari riwayat unduhan hanya akan menyembunyikan aplikasi tersebut dari daftar riwayat. Untuk menghapus aplikasi dari perangkat, Anda perlu melakukannya melalui menu Pengaturan atau menggunakan aplikasi pengelola file.

Pertanyaan 6: Bagaimana jika saya tidak dapat menemukan aplikasi tertentu dalam riwayat unduhan saya?

Jawaban: Beberapa aplikasi mungkin tidak lagi tersedia di toko aplikasi karena telah dihapus oleh pengembang atau karena alasan lainnya. Dalam hal ini, aplikasi tersebut akan ditampilkan dalam daftar riwayat unduhan dengan status “Tidak tersedia”.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau mengalami masalah dalam melihat riwayat unduhan aplikasi, Anda dapat menghubungi pusat bantuan toko aplikasi atau mengunjungi situs web resmi mereka untuk informasi lebih lanjut.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda melihat riwayat unduhan aplikasi dengan lebih efektif:

Gunakan Filter: Manfaatkan fitur filter di toko aplikasi untuk mempersempit riwayat unduhan Anda berdasarkan jenis aplikasi (gratis/berbayar) atau tanggal unduhan. Ini akan memudahkan Anda menemukan aplikasi tertentu yang Anda cari.

Urutkan Riwayat: Anda dapat mengurutkan riwayat unduhan berdasarkan tanggal atau nama aplikasi. Mengurutkan berdasarkan tanggal dapat membantu Anda menemukan aplikasi yang baru saja diunduh, sementara mengurutkan berdasarkan nama aplikasi dapat membantu Anda menemukan aplikasi tertentu dengan lebih cepat.

Hapus Aplikasi yang Tidak Diinginkan: Jika Anda menemukan aplikasi yang tidak lagi digunakan atau tidak diinginkan dalam riwayat unduhan, hapuslah untuk menjaga daftar riwayat tetap rapi dan mudah dikelola.

Periksa Secara Berkala: Biasakan untuk memeriksa riwayat unduhan aplikasi secara berkala, terutama jika Anda mengizinkan anak-anak atau anggota keluarga lainnya untuk menggunakan perangkat Anda. Ini akan membantu Anda melacak aktivitas unduhan dan memastikan bahwa tidak ada aplikasi yang tidak pantas atau berbahaya yang terinstal pada perangkat Anda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan riwayat unduhan aplikasi untuk melacak unduhan Anda, menemukan aplikasi tertentu, dan menjaga keamanan perangkat Anda.

Kesimpulan

Melihat riwayat unduhan aplikasi adalah cara penting untuk mela├║rese aktivitas unduhan pada perangkat Anda dan untuk menemukan aplikasi tertentu yang Anda cari. Dengan menggunakan fitur filter, pengurutan, dan penghapusan yang tersedia di toko aplikasi, Anda dapat mengelola riwayat unduhan Anda dengan efektif.

Selain itu, biasakan untuk secara berkala meninjau riwayat unduhan Anda, terutama jika Anda mengizinkan orang lain menggunakan perangkat Anda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi dan menghapus aplikasi yang tidak diinginkan atau berbahaya, sekaligus memastikan keamanan perangkat Anda.

Dengan mengikuti tips dan trik yang telah dipaparkan pada artikel ini, Anda dapat memanfaatkan riwayat unduhan aplikasi untuk mengelola unduhan Anda, menemukan aplikasi yang Anda butuhkan, dan menjaga keamanan perangkat Anda.

Leave a Comment