Cara Mencari Aplikasi yang Disembunyikan


Cara Mencari Aplikasi yang Disembunyikan

Dalam beberapa situasi, Anda mungkin ingin menyembunyikan aplikasi dari layar beranda untuk menjaga privasi atau menatanya dengan lebih rapi. Namun, terkadang Anda mungkin lupa di mana Anda menyembunyikannya dan ingin memunculkannya kembali.

Jangan khawatir, berikut panduan langkah demi langkah untuk menemukan aplikasi yang disembunyikan di perangkat Anda:

Sekarang mari kita masuk ke cara-cara praktis untuk memulihkan aplikasi yang tersembunyi:

Cara Mencari Aplikasi yang Disembunyikan

Berikut 7 poin penting untuk menemukan aplikasi yang disembunyikan:

  • Cek layar beranda
  • Buka menu aplikasi
  • Cari di pengaturan
  • Gunakan bantuan Google Assistant
  • Restart perangkat
  • Periksa folder tersembunyi
  • Hubungi produsen perangkat

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghubungi produsen perangkat Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Cek Layar Beranda

Cara pertama dan termudah untuk mencari aplikasi yang disembunyikan adalah dengan memeriksa layar beranda Anda. Biasanya, aplikasi yang disembunyikan tidak akan terlihat di layar beranda, tetapi ada beberapa pengecualian:

  1. Aplikasi yang ada di dalam folder: Beberapa perangkat Android memungkinkan Anda untuk membuat folder di layar beranda untuk mengatur aplikasi. Jika Anda menyembunyikan aplikasi di dalam folder, Anda dapat memunculkannya kembali dengan membuka folder tersebut.
  2. Aplikasi yang ada di halaman layar beranda lainnya: Beberapa perangkat Android memiliki lebih dari satu halaman layar beranda. Jika Anda menyembunyikan aplikasi di halaman layar beranda lainnya, Anda dapat memunculkannya kembali dengan menggeser ke halaman tersebut.
  3. Aplikasi yang ada di bilah pintasan: Beberapa aplikasi memiliki pintasan yang dapat ditambahkan ke bilah pintasan di bagian bawah layar beranda. Jika Anda menyembunyikan aplikasi dari layar beranda tetapi pintasannya masih ada di bilah pintasan, Anda dapat memunculkan aplikasi tersebut dengan mengetuk pintasannya.

Jika Anda telah memeriksa semua lokasi ini dan masih tidak dapat menemukan aplikasi yang disembunyikan, lanjutkan ke cara berikutnya.

Buka Menu Aplikasi

Cara selanjutnya untuk mencari aplikasi yang disembunyikan adalah dengan membuka menu aplikasi.

  • Cari di bilah pencarian: Sebagian besar perangkat Android memiliki bilah pencarian di menu aplikasi. Anda dapat mengetikkan nama aplikasi yang disembunyikan dan melihat apakah muncul dalam hasil pencarian.
  • Urutkan aplikasi: Anda juga dapat mengurutkan aplikasi di menu aplikasi berdasarkan nama, tanggal pemasangan, atau penggunaan terakhir. Ini dapat membantu Anda menemukan aplikasi yang disembunyikan, terutama jika Anda tidak ingat namanya.
  • Gunakan fitur “Tampilkan aplikasi tersembunyi”: Beberapa perangkat Android memiliki fitur “Tampilkan aplikasi tersembunyi” di menu aplikasi. Jika perangkat Anda memiliki fitur ini, Anda dapat mengaktifkannya untuk menampilkan semua aplikasi yang disembunyikan.
  • Buka pengaturan aplikasi: Anda juga dapat membuka pengaturan aplikasi untuk melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Dari sini, Anda dapat mencari aplikasi yang disembunyikan atau mengatur ulang preferensi aplikasi.

Jika Anda telah mencoba semua cara ini dan masih tidak dapat menemukan aplikasi yang disembunyikan, lanjutkan ke cara berikutnya.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Link Download WhatsApp GB Pro Terbaru

Cari di Pengaturan

Cara lain untuk mencari aplikasi yang disembunyikan adalah dengan mencari di pengaturan perangkat Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk opsi Aplikasi.
  3. Pada halaman Aplikasi, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Tampilkan aplikasi tersembunyi.
  4. Jika ada aplikasi yang disembunyikan, aplikasi tersebut akan muncul dalam daftar.

Perlu diingat bahwa opsi “Tampilkan aplikasi tersembunyi” mungkin tidak tersedia di semua perangkat Android. Jika perangkat Anda tidak memiliki opsi ini, Anda dapat mencoba cara lain yang dijelaskan dalam artikel ini.

Setelah Anda menemukan aplikasi yang disembunyikan, Anda dapat memunculkannya kembali dengan mengetuk tombol “Aktifkan” atau “Tampilkan”.

Jika Anda masih tidak dapat menemukan aplikasi yang disembunyikan setelah mencoba semua cara di atas, Anda dapat mencoba menghubungi produsen perangkat Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Gunakan Bantuan Google Assistant

Jika Anda memiliki perangkat Android dengan Google Assistant, Anda dapat menggunakannya untuk mencari aplikasi yang disembunyikan.

  • Aktifkan Google Assistant: Pastikan Google Assistant telah diaktifkan di perangkat Anda. Anda dapat mengaktifkannya melalui aplikasi Google atau dengan mengucapkan “Hai Google”.
  • Tanyakan Google Assistant: Setelah Google Assistant aktif, ucapkan perintah berikut: “Tampilkan aplikasi yang disembunyikan”.
  • Google Assistant akan menampilkan daftar: Google Assistant akan menampilkan daftar semua aplikasi yang disembunyikan di perangkat Anda.
  • Pilih aplikasi yang ingin ditampilkan: Ketuk aplikasi yang ingin ditampilkan kembali di layar beranda.

Selain menggunakan perintah suara, Anda juga dapat mengetikkan perintah “Tampilkan aplikasi yang disembunyikan” ke dalam bilah pencarian Google Assistant.

Restart Perangkat

Jika Anda telah mencoba semua cara di atas dan masih tidak dapat menemukan aplikasi yang disembunyikan, Anda dapat mencoba me-restart perangkat Anda.

  • Tekan tombol daya: Tekan dan tahan tombol daya pada perangkat Anda hingga muncul menu daya.
  • Pilih “Restart”: Ketuk opsi “Restart” pada menu daya.
  • Tunggu perangkat restart: Tunggu perangkat Anda restart sepenuhnya.
  • Cari aplikasi yang disembunyikan: Setelah perangkat restart, cari aplikasi yang disembunyikan menggunakan salah satu cara yang dijelaskan dalam artikel ini.

Restart perangkat dapat membantu mengatasi masalah sementara yang mungkin menyebabkan aplikasi disembunyikan. Jika aplikasi masih tidak dapat ditemukan setelah me-restart perangkat, Anda dapat mencoba menghubungi produsen perangkat Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Periksa Folder Tersembunyi

Beberapa perangkat Android memungkinkan Anda untuk membuat folder tersembunyi untuk menyimpan aplikasi. Jika Anda menyembunyikan aplikasi di dalam folder tersembunyi, Anda dapat memunculkannya kembali dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka pengelola file: Buka aplikasi pengelola file di perangkat Anda.
  • Navigasi ke folder tersembunyi: Folder tersembunyi biasanya disembunyikan dari tampilan biasa. Untuk mengaksesnya, Anda perlu mengaktifkan opsi “Tampilkan file tersembunyi” di pengelola file Anda.
  • Temukan aplikasi yang disembunyikan: Setelah Anda mengaktifkan opsi “Tampilkan file tersembunyi”, navigasi ke folder tersembunyi dan cari aplikasi yang disembunyikan.
  • Pindahkan aplikasi ke folder lain: Setelah Anda menemukan aplikasi yang disembunyikan, pindahkan ke folder lain yang tidak tersembunyi.
Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Cara Membuka Kunci Aplikasi yang Lupa

Setelah Anda memindahkan aplikasi ke folder lain, aplikasi tersebut akan muncul kembali di layar beranda atau menu aplikasi Anda.

Hubungi Produsen Perangkat

Jika Anda telah mencoba semua cara di atas dan masih tidak dapat menemukan aplikasi yang disembunyikan, Anda dapat mencoba menghubungi produsen perangkat Anda.

  • Cari informasi kontak: Kunjungi situs web produsen perangkat atau lihat dokumentasi perangkat Anda untuk informasi kontak.
  • Jelaskan masalah Anda: Saat menghubungi produsen perangkat, jelaskan masalah Anda secara jelas dan ringkas. Beri tahu mereka bahwa Anda telah menyembunyikan sebuah aplikasi dan tidak dapat menemukannya.
  • Berikan informasi perangkat: Berikan produsen perangkat Anda informasi tentang perangkat Anda, seperti model dan nomor seri.
  • Ikuti instruksi produsen: Produsen perangkat mungkin memiliki instruksi khusus tentang cara menemukan aplikasi yang disembunyikan di perangkat Anda. Ikuti instruksi mereka dengan cermat.

Dengan menghubungi produsen perangkat, Anda dapat memperoleh bantuan dari pakar yang mengetahui seluk beluk perangkat Anda. Mereka dapat membantu Anda menemukan aplikasi yang disembunyikan dan memulihkannya ke layar beranda atau menu aplikasi Anda.

FAQ

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang cara mencari aplikasi yang disembunyikan di perangkat Android Anda, berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya:
Pertanyaan: Mengapa saya tidak dapat menemukan aplikasi yang saya sembunyikan?

Jawaban: Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak dapat menemukan aplikasi yang disembunyikan. Kemungkinan aplikasi disembunyikan di dalam folder, di halaman layar beranda lainnya, atau di bilah pintasan. Anda juga mungkin telah menyembunyikannya di pengaturan aplikasi atau memindahkannya ke folder tersembunyi.

Pertanyaan: Bagaimana cara menemukan aplikasi yang disembunyikan di folder?

Jawaban: Buka layar beranda dan cari folder tempat aplikasi disembunyikan. Buka folder dan temukan aplikasinya. Anda dapat memindahkan aplikasi kembali ke layar beranda dengan menekan dan menahan ikon aplikasi dan memilih “Tambah ke layar beranda”.

Pertanyaan: Bagaimana cara menemukan aplikasi yang disembunyikan di halaman layar beranda lainnya?

Jawaban: Geser ke halaman layar beranda tempat aplikasi disembunyikan. Anda dapat memindahkan aplikasi kembali ke layar beranda utama dengan menekan dan menahan ikon aplikasi dan memilih “Tambah ke layar beranda”.

Pertanyaan: Bagaimana cara menemukan aplikasi yang disembunyikan di bilah pintasan?

Jawaban: Jika aplikasi memiliki pintasan di bilah pintasan, Anda dapat mengetuk pintasan tersebut untuk membuka aplikasi. Anda juga dapat menekan dan menahan pintasan dan memilih “Tambah ke layar beranda” untuk menambahkan aplikasi kembali ke layar beranda.

Pertanyaan: Bagaimana cara menemukan aplikasi yang disembunyikan di pengaturan aplikasi?

Jawaban: Buka pengaturan aplikasi dan ketuk “Aplikasi”. Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih “Tampilkan aplikasi tersembunyi”. Jika ada aplikasi yang disembunyikan, aplikasi tersebut akan muncul dalam daftar. Anda dapat mengaktifkan aplikasi dengan mengetuk tombol “Aktifkan”.

Pertanyaan: Bagaimana cara menemukan aplikasi yang disembunyikan di folder tersembunyi?

Jawaban: Buka pengelola file dan aktifkan opsi “Tampilkan file tersembunyi”. Navigasi ke folder tersembunyi dan cari aplikasi yang disembunyikan. Pindahkan aplikasi ke folder lain yang tidak tersembunyi untuk memunculkannya kembali di layar beranda atau menu aplikasi.

Jika Anda telah mencoba semua cara di atas dan masih tidak dapat menemukan aplikasi yang disembunyikan, Anda dapat mencoba menghubungi produsen perangkat Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
Adapun beberapa tips untuk mencegah aplikasi tersembunyi secara tidak sengaja:

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Download Video Tanpa Watermark

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah aplikasi tersembunyi secara tidak sengaja di perangkat Android Anda:

Gunakan fitur “Sembunyikan aplikasi” dengan hati-hati: Sebagian besar perangkat Android memiliki fitur “Sembunyikan aplikasi” yang memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi tertentu dari layar beranda. Gunakan fitur ini hanya jika Anda benar-benar ingin menyembunyikan aplikasi dan pastikan Anda ingat di mana Anda menyembunyikannya.

Hindari menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi: Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store yang memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi. Namun, beberapa aplikasi ini mungkin tidak dapat diandalkan dan dapat menyebabkan aplikasi tersembunyi secara tidak sengaja.

Atur aplikasi Anda secara teratur: Menjaga layar beranda dan menu aplikasi Anda tetap teratur dapat membantu Anda melacak aplikasi Anda dengan lebih baik. Buat folder untuk mengelompokkan aplikasi serupa dan hapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan.

Cadangkan perangkat Anda secara teratur: Jika Anda secara tidak sengaja menyembunyikan aplikasi penting, Anda dapat memulihkannya dari cadangan. Pastikan untuk mencadangkan perangkat Anda secara teratur ke akun Google Anda atau ke kartu SD.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengurangi risiko menyembunyikan aplikasi secara tidak sengaja di perangkat Android Anda.
Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang disembunyikan di perangkat Android Anda.

Kesimpulan

Menemukan aplikasi yang disembunyikan di perangkat Android dapat dilakukan dengan beberapa cara. Anda dapat memeriksa layar beranda, membuka menu aplikasi, mencari di pengaturan, menggunakan bantuan Google Assistant, me-restart perangkat, memeriksa folder tersembunyi, atau menghubungi produsen perangkat.
Jika Anda telah mencoba semua cara di atas dan masih tidak dapat menemukan aplikasi yang disembunyikan, disarankan untuk menghubungi produsen perangkat Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang disembunyikan dan memulihkannya ke layar beranda atau menu aplikasi Anda.

Leave a Comment