Cara Sembunyikan Aplikasi di Samsung


Cara Sembunyikan Aplikasi di Samsung

Menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung dapat menjadi cara yang efektif untuk menjaga privasi dan melindungi informasi sensitif. Baik Anda ingin menyembunyikan aplikasi perbankan, aplikasi kencan, atau konten pribadi lainnya, Samsung menawarkan beberapa metode mudah untuk melakukannya.

Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang berbagi perangkat dengan orang lain atau ingin menjaga kerahasiaan tertentu. Dengan menyembunyikan aplikasi, pengguna dapat mencegah aplikasi tersebut terlihat di layar beranda, laci aplikasi, dan hasil pencarian.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menyembunyikan aplikasi di Samsung:

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Samsung

Berikut adalah 10 poin penting tentang cara menyembunyikan aplikasi di Samsung:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Layar Beranda
  • Ketuk Sembunyikan Aplikasi
  • Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  • Ketuk Terapkan
  • Aplikasi akan disembunyikan
  • Untuk menampilkan aplikasi, ulangi langkah-langkah dan hapus centang pada aplikasi
  • Gunakan Peluncur pihak ketiga
  • Gunakan Folder Aman
  • Gunakan aplikasi Penyembunyi Aplikasi

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi apa pun di ponsel Samsung Anda.

Buka Pengaturan

Langkah pertama untuk menyembunyikan aplikasi di Samsung adalah membuka Pengaturan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara melakukannya:

  • Cari ikon Pengaturan

    Temukan ikon Pengaturan di layar beranda atau laci aplikasi Anda. Ikon ini biasanya berbentuk roda gigi atau kunci inggris.

  • Ketuk ikon Pengaturan

    Setelah Anda menemukan ikon Pengaturan, ketuk untuk membuka aplikasi Pengaturan.

  • Temukan menu Layar Beranda

    Di aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah dan temukan menu Layar Beranda. Lokasi menu ini dapat bervariasi tergantung pada model ponsel Samsung Anda.

  • Ketuk menu Layar Beranda

    Setelah Anda menemukan menu Layar Beranda, ketuk untuk membuka pengaturan layar beranda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat membuka Pengaturan dan mengakses menu Layar Beranda, yang merupakan langkah penting untuk menyembunyikan aplikasi di Samsung.

Pilih Layar Beranda

Setelah Anda membuka Pengaturan dan menemukan menu Layar Beranda, langkah selanjutnya adalah memilih Layar Beranda. Berikut adalah penjelasan rinci tentang cara melakukannya:

Menu Layar Beranda biasanya berisi berbagai pengaturan yang terkait dengan layar beranda Anda, seperti tata letak ikon, widget, dan wallpaper. Untuk menyembunyikan aplikasi, Anda perlu mencari opsi yang memungkinkan Anda mengelola aplikasi yang ditampilkan di layar beranda.

Pada sebagian besar ponsel Samsung, opsi ini diberi label “Tata Letak Layar Beranda” atau “Kelola Aplikasi Layar Beranda”. Setelah Anda menemukan opsi ini, ketuk untuk membuka pengaturan tata letak layar beranda.

Di pengaturan tata letak layar beranda, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di ponsel Anda. Anda dapat memilih aplikasi mana saja yang ingin Anda sembunyikan dari layar beranda dengan menghapus centang pada kotak di sebelahnya.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi yang Bisa Melihat Pesan WA yang Telah Dihapus

Setelah Anda selesai memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, ketuk tombol “Terapkan” atau “Simpan” untuk menyimpan perubahan. Aplikasi yang dipilih akan segera disembunyikan dari layar beranda Anda.

Ketuk Sembunyikan Aplikasi

Setelah Anda memilih Layar Beranda dan membuka pengaturan tata letak layar beranda, langkah selanjutnya adalah mengetuk opsi “Sembunyikan Aplikasi”. Berikut adalah penjelasan rinci tentang cara melakukannya:

  • Cari opsi “Sembunyikan Aplikasi”

    Di pengaturan tata letak layar beranda, cari opsi yang berlabel “Sembunyikan Aplikasi” atau “Aplikasi Tersembunyi”. Lokasi opsi ini dapat bervariasi tergantung pada model ponsel Samsung Anda.

  • Ketuk opsi “Sembunyikan Aplikasi”

    Setelah Anda menemukan opsi “Sembunyikan Aplikasi”, ketuk untuk membuka daftar semua aplikasi yang terinstal di ponsel Anda.

  • Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan

    Di daftar aplikasi, pilih aplikasi mana saja yang ingin Anda sembunyikan dari layar beranda dengan mengetuk kotak centang di sebelahnya.

  • Ketuk tombol “Terapkan” atau “Simpan”

    Setelah Anda selesai memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, ketuk tombol “Terapkan” atau “Simpan” untuk menyimpan perubahan. Aplikasi yang dipilih akan segera disembunyikan dari layar beranda Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi apa pun di ponsel Samsung Anda menggunakan opsi “Sembunyikan Aplikasi”.

Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan

Setelah Anda mengetuk opsi “Sembunyikan Aplikasi”, langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari layar beranda. Berikut adalah penjelasan rinci tentang cara melakukannya:

  • Cari aplikasi yang ingin disembunyikan

    Di daftar aplikasi, gulir untuk menemukan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Anda dapat menggunakan bilah pencarian untuk mempersempit pencarian Anda.

  • Ketuk kotak centang di sebelah aplikasi

    Setelah Anda menemukan aplikasi yang ingin disembunyikan, ketuk kotak centang di sebelah namanya. Anda dapat memilih beberapa aplikasi sekaligus dengan mengetuk kotak centang di sebelahnya.

  • Tinjau ulang pilihan Anda

    Sebelum menyimpan perubahan, tinjau kembali daftar aplikasi yang telah Anda pilih untuk disembunyikan. Pastikan Anda telah memilih aplikasi yang tepat.

  • Ketuk tombol “Terapkan” atau “Simpan”

    Setelah Anda selesai memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, ketuk tombol “Terapkan” atau “Simpan” untuk menyimpan perubahan. Aplikasi yang dipilih akan segera disembunyikan dari layar beranda Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah memilih aplikasi mana saja yang ingin Anda sembunyikan dari layar beranda Samsung Anda.

/#{t}|}{,,,,,,,,,,,,,,,,,

Untuk menampilkan aplikasi, ulangi langkah-langkah dan hapus centang pada aplikasi

Jika Anda ingin menampilkan aplikasi yang telah disembunyikan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka Pengaturan -> Layar Beranda -> Sembunikan Aplikasi
Di daftar aplikasi, hapus centang pada aplikasi yang ingin ditampilkan
Ketuk tombol “Terapkan” atau “Simpan”
Aplikasi yang dipilih akan segera ditampilkan kembali di layar beranda Anda.
Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar dan meninjau kembali pilihan Anda sebelum menyimpan perubahan.
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan dan menampilkan aplikasi di ponsel Samsung Anda.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Download Video Tanpa Watermark

Gunakan Peluncur pihak ketiga

Peluncur pihak ketiga adalah aplikasi yang dapat menggantikan peluncur default di ponsel Samsung Anda. Banyak peluncur pihak ketiga menawarkan fitur tambahan, termasuk kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi.

Untuk menggunakan peluncur pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan instal peluncur pihak ketiga dari Google Play Store.
  2. Atur peluncur pihak ketiga sebagai peluncur default Anda.
  3. Buka pengaturan peluncur pihak ketiga.
  4. Cari opsi untuk menyembunyikan aplikasi.
  5. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.
  6. Simpan perubahan.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah ini, aplikasi yang dipilih akan disembunyikan dari layar beranda dan laci aplikasi Anda.

Beberapa peluncur pihak ketiga populer yang menawarkan fitur untuk menyembunyikan aplikasi antara lain Nova Launcher, Apex Launcher, dan Action Launcher.

Gunakan Folder Aman

Folder Aman adalah fitur bawaan pada ponsel Samsung yang memungkinkan Anda membuat ruang pribadi dan terenkripsi untuk menyimpan aplikasi, file, dan data sensitif.

Untuk menggunakan Folder Aman untuk menyembunyikan aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Folder Aman.
  2. Ketuk tombol “Tambahkan aplikasi”.
  3. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.
  4. Ketuk tombol “Tambah”.
  5. Aplikasi yang dipilih akan dipindahkan ke Folder Aman dan disembunyikan dari layar beranda dan laci aplikasi Anda.

Untuk mengakses aplikasi yang disembunyikan di Folder Aman, Anda perlu membuka aplikasi Folder Aman dan memasukkan kata sandi atau PIN Anda.

Folder Aman adalah cara yang aman dan nyaman untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung Anda. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi yang disembunyikan di Folder Aman masih dapat diakses oleh siapa pun yang memiliki akses ke ponsel Anda dan mengetahui kata sandi atau PIN Anda.

Gunakan aplikasi Penyembunyi Aplikasi

Aplikasi Penyembunyi Aplikasi adalah aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Android. Aplikasi ini bekerja dengan membuat ruang pribadi dan terenkripsi di ponsel Anda tempat Anda dapat menyimpan aplikasi yang ingin disembunyikan.

Untuk menggunakan aplikasi Penyembunyi Aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi Penyembunyi Aplikasi dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi Penyembunyi Aplikasi dan buat kata sandi atau PIN.
  3. Ketuk tombol “Tambahkan aplikasi”.
  4. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.
  5. Ketuk tombol “Sembunyikan”.
  6. Aplikasi yang dipilih akan disembunyikan dari layar beranda dan laci aplikasi Anda.

Untuk mengakses aplikasi yang disembunyikan menggunakan aplikasi Penyembunyi Aplikasi, Anda perlu membuka aplikasi dan memasukkan kata sandi atau PIN Anda.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Download Aplikasi Karaoke untuk HP, Nyanyi Jadi Makin Seru!

Ada banyak aplikasi Penyembunyi Aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi populer antara lain Hide Apps, App Hider, dan Vault.

### Tips

Selain metode yang telah dijelaskan di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung:

Gunakan akun pengguna yang berbeda. Jika Anda memiliki beberapa akun pengguna di ponsel Samsung Anda, Anda dapat menyembunyikan aplikasi di satu akun pengguna dan tetap dapat mengaksesnya di akun pengguna lainnya.

Gunakan mode tamu. Mode tamu adalah fitur di ponsel Samsung yang memungkinkan Anda membuat akun pengguna sementara. Anda dapat menyembunyikan aplikasi di mode tamu dan aplikasi tersebut tidak akan terlihat oleh pengguna lain.

Nonaktifkan aplikasi. Menonaktifkan aplikasi tidak akan menyembunyikannya dari layar beranda atau laci aplikasi, tetapi akan mencegah aplikasi tersebut berjalan di latar belakang dan menggunakan sumber daya sistem.

Berhati-hatilah dengan aplikasi pihak ketiga. Saat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi, pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang tepercaya. Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin berisi malware atau virus yang dapat membahayakan ponsel Anda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung Anda dan menjaga privasi serta keamanan Anda.

Dengan menerapkan metode dan tips yang diuraikan di atas, Anda dapat dengan efektif menyembunyikan aplikasi apa pun di ponsel Samsung Anda, memberikan ketenangan pikiran dan privasi yang lebih baik.

### Kesimpulan
Menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung adalah cara yang efektif untuk menjaga privasi dan melindungi informasi sensitif. Dengan mengikuti metode dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi apa pun di ponsel Samsung Anda.
Metode yang paling direkomendasikan untuk menyembunyikan aplikasi adalah menggunakan fitur bawaan Samsung, seperti opsi “Sembunyikan Aplikasi” di pengaturan layar beranda. Metode ini aman dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga.
Namun, jika Anda memerlukan fitur tambahan atau menginginkan lapisan keamanan ekstra, Anda juga dapat menggunakan peluncur pihak ketiga, Folder Aman, atau aplikasi Penyembunyi Aplikasi. Metode ini menawarkan berbagai opsi penyesuaian dan perlindungan tambahan.
Apa pun metode yang Anda pilih, selalu ingat untuk memprioritaskan privasi dan keamanan Anda. Pastikan untuk menggunakan kata sandi atau PIN yang kuat, dan berhati-hatilah saat mengunduh aplikasi pihak ketiga.
Dengan menerapkan praktik terbaik ini, Anda dapat menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung Anda dengan percaya diri, mengetahui bahwa informasi pribadi Anda tetap aman dan terlindungi.

Leave a Comment