Manusia Tanpa Sifat Kemanusiaannya

Manusia Tanpa Sifat Kemanusiaannya

Tidak melukai sesama manusia sebab kita tahu rasa perihnya dilukai, tidak menyakiti sesama manusia sebab kita juga tau rasa pedihnya disakiti, sifat itu yang membedakan kita, yang menjadikan kita manusia.

Menghargai sebagaimana kita ingin dihargai juga, menyenangkan orang lain sebab kita tahu bahagianya disenangkan orang, pemikiran seperti itu yang membuat kita menjadi manusia

Halnya kita sangat jauh beda dari hewan ternak, hewan ternak pun mempunyai sifat kasih sayang. Manusia bisa saja menyayangi hewan dan harus nya manusia lebih disayangi daripada hewan.

Kita melihat manusia, tapi tidak dengan kemanusiaan. Saat manusia membuang sifat kemanusiaan nya, maka ia menjadi lebih hina dari hewan ternak.

Kapan manusia kehilangan sifat kemanusiaan nya? Saat ia menganggap orang lain bukan manusia. Karena mindset tersebut manusia layak dibantai, dibunuh, di panggang hidup-hidup.

Saat kayu, batu dan palu menggantikan lisan, perasaan dan pikiran. Saat teriakan, tangisan dan erangan kematian tak lagi bisa di dengar. Disitu rasa kemanusiaan hilang.

Sebagaimana Qabil menghantam saudara nya dengan batu, dia pikir itu bisa memuaskan segala nafsunya, yang justru tambah membakarnya dunia dan akhirat.

Namun menjadi seorang muslim diminta untuk mengambil pelajaran. Habil yang tidak mau mengikuti arah syaitan, dendam dan membalas ikut kehilangan kemanusiaan nya.

Kita menyakini, bahwa masih ada manusia yang ber- perikemanusiaan di india, mereka yang menolong saat muslim dibantai, mereka yang diam namun hati dan lisan selalu berdoa.

Karena kita tahu, fitrah kemanusiaan itu senang berdamai, tidak suka dengan ketidakadilan.

Do’akan semua saudara kita yang sedang dibantai di negaranya sendiri, dan juga do’akan suatu hari nanti Allah satukan Muslim menjadi ummat yang satu.

Artikel Lainnya :  Karena Kematian Tidak Perlu Notifikasi

Barakallah Fiikum..

From : Ustadz Feliz Siauw

About the author: Moslem

Hanya manusia yang sedang mencari jati diri dan ingin bermamfaat bagi orang lain.

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *