Apa Toleransi Itu ?

Toleransi

Menurut kamu? Toleransi itu apa? Menerima perbedaan atau menerima persamaan? Yuk simak mungkin kita bisa bertukar pendapat.

Dalam Wikipedia, Toleransi secara bahasa berasal dari bahasa latin “tolerare”, toleransi berarti sabar dan menahan diri. Toleransi juga dapat berarti suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya.

Jika dikaitkan dengan bahasa arab, toleransi sepadan dengan kata tasamuh. Kata tasamuh artinya adalah mengizinkan atau bisa juga diartikan saling memudahkan.

Menurut KBBI pengertian dari toleransi adalah sifat atau sikap toleran dan penyimpangan yang masih bisa diterima dalam pengukuran kerja.

Dengan melihat keadaan seperti sekarang, Toleransi inilah yang sering disebut sebagai tindakan yang harus dilakukan terhadap semua orang baik lingkup sosial sempit maupun luas. Namun adakah batasannya?

Bertoleransi tentu bukan hanya sekedar kata saja ataupun sebuah perilaku yang difungsikan untuk fungsi social media trends. Banyak orang yang salah menggunakan toleransi untuk kepentingan diri sendiri. Itu jelas merugikan banyak pihak juga.

Artikel Lainnya :  Ternyata, Ubi Ungu Dapat Menangkal Covid-19

COVID-19, membentuk manusia yang harus mempunyai rasa toleransi yang tinggi. Misal, dengan kamu membantu orang lain baik itu secara material ataupun jasa, apakah itu sudah pasti toleransi? Tentu tidak. Kembali lagi kepada makna sebenarnya toleransi itu apa. Toleransi, bukanlah apa yang kita claim, atau kita akui sebagai toleransi. Toleransi itu sendiri adalah sebuah kegiatan yang baik yang tidak menentang orang lain.

“Lihat, aku udah toleransi loh mau bantu kamu untuk sembuh”

Dokter

Bukan toleransi yang seperti itu, kembali pada tujuannya. Untuk apa dokter itu membantu penyembuhan pasiennya, tujuan itulah yang dilihat untuk parameter se-toleransi apakah tindakan yang dilakukan.

Menurut kamu gimana?

About the author: Negat1ve Thought's

Hello, my name is Negat1ve. Im just a little part of your little tiny world, as a negative.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *