Cara Melihat Pesan yang Sudah Dihapus di WA Tanpa Aplikasi


Cara Melihat Pesan yang Sudah Dihapus di WA Tanpa Aplikasi


,t/>/澱/>pre/>/>/>procedure/】:】:】:]–>

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan populer yang banyak digunakan. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur, salah satunya adalah fitur untuk menghapus pesan yang sudah terkirim. Namun, terkadang kita ingin melihat pesan yang sudah dihapus tersebut. Berikut ini adalah 10 cara untuk melihat pesan yang sudah dihapus di WA tanpa aplikasi:

  • Lihat notifikasi pesan
  • Gunakan fitur Riwayat Pemberitahuan
  • Backup dan pulihkan obrolan
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga
  • Kirim ulang pesan
  • Tanyakan pada pengirim pesan
  • Buka file log
  • Aktifkan fitur cadangan otomatis
  • Gunakan WhatsApp Web atau Desktop
  • Manfaatkan fitur Trash

Dengan mengikuti salah satu cara di atas, Anda dapat melihat pesan yang sudah dihapus di WA tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Lihat notifikasi pesan

Cara pertama untuk melihat pesan yang sudah dihapus di WA tanpa aplikasi adalah dengan melihat notifikasi pesan. Notifikasi pesan akan muncul di layar ponsel Anda ketika ada pesan baru masuk. Jika Anda tidak sempat membaca pesan tersebut, Anda masih bisa melihatnya di notifikasi pesan.

Untuk melihat notifikasi pesan, Anda bisa membuka panel notifikasi dengan mengusap layar ponsel dari atas ke bawah. Setelah itu, cari notifikasi pesan dari WhatsApp. Notifikasi pesan akan menampilkan pratinjau pesan, termasuk nama pengirim dan isi pesan. Jika pesan yang dihapus sudah lama dan tidak lagi muncul di notifikasi pesan, Anda bisa mencoba cara lainnya.

Selain pada panel notifikasi, Anda juga bisa melihat notifikasi pesan di aplikasi WhatsApp. Caranya adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk tab “Chat”. Setelah itu, cari kontak pengirim pesan yang dihapus. Pada bagian atas jendela obrolan, Anda akan melihat pratinjau pesan yang dihapus. Pratinjau pesan tersebut akan disembunyikan setelah beberapa saat, jadi pastikan Anda langsung membacanya.

Cara ini hanya bisa digunakan untuk melihat pesan yang dihapus belum lama ini. Jika pesan yang dihapus sudah lama dan tidak lagi muncul di notifikasi pesan, Anda bisa mencoba cara lainnya.

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan fitur Riwayat Pemberitahuan untuk melihat pesan yang sudah dihapus. Fitur ini akan menyimpan semua notifikasi yang masuk ke ponsel Anda, termasuk notifikasi pesan WhatsApp. Untuk menggunakan fitur Riwayat Pemberitahuan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Gunakan fitur Riwayat Pemberitahuan

Fitur Riwayat Pemberitahuan adalah fitur bawaan Android yang dapat digunakan untuk melihat semua notifikasi yang masuk ke ponsel Anda, termasuk notifikasi pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan

    Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda.

  • Cari Riwayat Pemberitahuan

    Pada kolom pencarian, ketik “Riwayat Pemberitahuan”.

  • Aktifkan Riwayat Pemberitahuan

    Jika fitur Riwayat Pemberitahuan belum aktif, aktifkan dengan menggeser tombol ke posisi aktif.

  • Lihat notifikasi pesan WhatsApp

    Setelah fitur Riwayat Pemberitahuan aktif, Anda bisa melihat semua notifikasi yang masuk ke ponsel Anda, termasuk notifikasi pesan WhatsApp yang sudah dihapus.

Dengan menggunakan fitur Riwayat Pemberitahuan, Anda bisa melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus, meskipun pesan tersebut sudah lama dihapus. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya akan menyimpan notifikasi pesan yang masuk setelah fitur tersebut diaktifkan. Jadi, jika pesan yang dihapus masuk sebelum fitur Riwayat Pemberitahuan diaktifkan, Anda tidak akan bisa melihat pesan tersebut.

Backup dan pulihkan obrolan

Cara lain untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi adalah dengan melakukan backup dan restore obrolan. Dengan cara ini, Anda bisa mengembalikan semua obrolan WhatsApp, termasuk pesan yang sudah dihapus, ke ponsel Anda. Untuk melakukan backup dan restore obrolan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Backup obrolan WhatsApp

    Buka aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas. Setelah itu, pilih “Setelan” > “Chat” > “Cadangan Chat”. Ketuk tombol “Cadangkan” untuk membuat cadangan obrolan WhatsApp.

  • Hapus dan instal ulang WhatsApp

    Setelah membuat cadangan obrolan, hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda. Setelah itu, instal ulang WhatsApp dari Google Play Store.

  • Pulihkan obrolan WhatsApp

    Setelah menginstal ulang WhatsApp, buka aplikasi dan masuk dengan nomor telepon Anda. WhatsApp akan mendeteksi adanya cadangan obrolan dan menawarkan untuk memulihkannya. Ketuk tombol “Pulihkan” untuk mengembalikan semua obrolan WhatsApp, termasuk pesan yang sudah dihapus.

  • Lihat pesan yang sudah dihapus

    Setelah obrolan WhatsApp dipulihkan, Anda bisa melihat semua pesan WhatsApp, termasuk pesan yang sudah dihapus.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Apa itu Aplikasi Viu

Dengan melakukan backup dan restore obrolan, Anda bisa melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus, meskipun pesan tersebut sudah lama dihapus. Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah membuat cadangan obrolan sebelum pesan tersebut dihapus.

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda melakukan hal ini. Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah Notification History Log.

Notification History Log adalah aplikasi yang dapat menyimpan semua notifikasi yang masuk ke ponsel Anda, termasuk notifikasi pesan WhatsApp. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melihat semua notifikasi pesan WhatsApp, meskipun pesan tersebut sudah dihapus. Untuk menggunakan Notification History Log, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Instal aplikasi Notification History Log dari Google Play Store.

2. Buka aplikasi Notification History Log.

3. Berikan izin akses notifikasi kepada aplikasi Notification History Log.

4. Setelah memberikan izin, aplikasi Notification History Log akan mulai menyimpan semua notifikasi yang masuk ke ponsel Anda.

Untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus, Anda bisa membuka aplikasi Notification History Log. Setelah itu, cari notifikasi pesan WhatsApp yang dihapus. Notifikasi pesan WhatsApp akan menampilkan pratinjau pesan, termasuk nama pengirim dan isi pesan. Anda juga bisa mengekspor notifikasi pesan WhatsApp ke file CSV atau JSON untuk disimpan di perangkat lain.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Notification History Log, Anda bisa melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus, meskipun pesan tersebut sudah lama dihapus. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi pihak ketiga ini tidak berafiliasi dengan WhatsApp dan menggunakannya dapat berisiko.

Kirim ulang pesan

Cara lain untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi adalah dengan meminta pengirim pesan untuk mengirim ulang pesan tersebut. Cara ini hanya bisa dilakukan jika pengirim pesan masih menyimpan pesan tersebut di ponselnya. Untuk meminta pengirim pesan mengirim ulang pesan, Anda bisa menghubunginya melalui telepon, SMS, atau aplikasi pesan lainnya.

Setelah menghubungi pengirim pesan, jelaskan bahwa Anda tidak sengaja menghapus pesan yang dikirimnya dan memintanya untuk mengirim ulang pesan tersebut. Jika pengirim pesan bersedia, ia akan mengirim ulang pesan tersebut kepada Anda. Anda bisa menyimpan pesan tersebut agar tidak hilang lagi.

Cara ini memang bergantung pada kemauan pengirim pesan untuk mengirim ulang pesan. Jika pengirim pesan tidak mau atau tidak bisa mengirim ulang pesan, Anda tidak akan bisa melihat pesan yang sudah dihapus tersebut.

Selain meminta pengirim pesan untuk mengirim ulang pesan, Anda juga bisa mencoba mengirim pesan balasan ke pesan yang sudah dihapus. Dengan mengirim pesan balasan, pesan yang sudah dihapus akan muncul kembali di jendela obrolan. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda masih menyimpan pesan tersebut di ponsel Anda. Jika Anda sudah menghapus pesan tersebut, Anda tidak akan bisa melihat pesan yang sudah dihapus dengan cara ini.

Tanyakan pada pengirim pesan

Cara lain untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi adalah dengan menanyakannya langsung kepada pengirim pesan. Cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda masih memiliki kontak pengirim pesan dan dapat menghubunginya.

  • Hubungi pengirim pesan

    Hubungi pengirim pesan melalui telepon, SMS, atau aplikasi pesan lainnya.

  • Jelaskan situasinya

    Jelaskan kepada pengirim pesan bahwa Anda tidak sengaja menghapus pesan yang dikirimnya dan memintanya untuk mengirim ulang pesan tersebut.

  • Tunggu balasan

    Tunggu balasan dari pengirim pesan. Jika pengirim pesan bersedia, ia akan mengirim ulang pesan tersebut kepada Anda.

  • Simpan pesan

    Setelah menerima pesan yang dikirim ulang, simpan pesan tersebut agar tidak hilang lagi.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Luar Negeri yang Tidak Ada di Indonesia

Cara ini memang bergantung pada kemauan pengirim pesan untuk mengirim ulang pesan. Jika pengirim pesan tidak mau atau tidak bisa mengirim ulang pesan, Anda tidak akan bisa melihat pesan yang sudah dihapus tersebut.

Buka file log

Setiap aplikasi Android, termasuk WhatsApp, akan membuat file log yang berisi informasi tentang aktivitas aplikasi. File log ini dapat digunakan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus, meskipun cara ini cukup rumit dan tidak selalu berhasil.

  • Temukan file log WhatsApp

    File log WhatsApp biasanya disimpan di direktori berikut: /sdcard/WhatsApp/Databases/. Nama file log adalah msgstore.db.crypt12.

  • Ekstrak file log

    Untuk mengekstrak file log WhatsApp, Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti SQLite Browser. Setelah menginstal aplikasi SQLite Browser, buka aplikasi dan klik tombol “Open Database”.

  • Pilih file log WhatsApp

    Cari file log WhatsApp di direktori yang disebutkan di atas dan pilih file tersebut.

  • Lihat pesan WhatsApp

    Setelah file log WhatsApp berhasil diekstrak, Anda dapat melihat pesan WhatsApp, termasuk pesan yang sudah dihapus. Namun, perlu diingat bahwa pesan yang sudah dihapus mungkin tidak selalu bisa dilihat dengan cara ini.

Cara ini cukup rumit dan tidak selalu berhasil, terutama jika pesan yang dihapus sudah lama. Selain itu, mengekstrak file log WhatsApp memerlukan akses root pada perangkat Android Anda.

Aktifkan fitur cadangan otomatis

Salah satu cara untuk mencegah pesan WhatsApp terhapus secara permanen adalah dengan mengaktifkan fitur cadangan otomatis. Dengan fitur ini, WhatsApp akan secara otomatis membuat cadangan obrolan Anda ke Google Drive atau iCloud. Jika Anda tidak sengaja menghapus pesan WhatsApp, Anda bisa memulihkannya dari cadangan.

Untuk mengaktifkan fitur cadangan otomatis, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Pilih “Setelan”.
  4. Ketuk “Chat”.
  5. Ketuk “Cadangan Chat”.
  6. Aktifkan fitur “Cadangan Otomatis”.
  7. Pilih frekuensi pencadangan, misalnya harian, mingguan, atau bulanan.
  8. Pilih akun Google Drive atau iCloud yang ingin digunakan untuk menyimpan cadangan.

Setelah mengaktifkan fitur cadangan otomatis, WhatsApp akan secara otomatis membuat cadangan obrolan Anda sesuai dengan frekuensi yang Anda pilih. Jika Anda tidak sengaja menghapus pesan WhatsApp, Anda bisa memulihkannya dari cadangan dengan cara berikut:

  1. Hapus dan instal ulang aplikasi WhatsApp.
  2. Setelah menginstal ulang WhatsApp, buka aplikasi dan masuk dengan nomor telepon Anda.
  3. WhatsApp akan mendeteksi adanya cadangan dan menawarkan untuk memulihkannya.
  4. Ketuk tombol “Pulihkan” untuk memulihkan semua obrolan WhatsApp, termasuk pesan yang sudah dihapus.

Dengan mengaktifkan fitur cadangan otomatis, Anda dapat memastikan bahwa pesan WhatsApp Anda tidak akan hilang secara permanen, meskipun Anda tidak sengaja menghapusnya.

Gunakan WhatsApp Web atau Desktop

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menggunakan WhatsApp melalui web browser atau komputer desktop. Dengan menggunakan WhatsApp Web atau Desktop, Anda dapat melihat semua obrolan WhatsApp, termasuk obrolan yang sudah dihapus.

  • Buka WhatsApp Web atau Desktop

    Buka WhatsApp Web di browser Anda atau unduh dan instal aplikasi WhatsApp Desktop.

  • Pindai kode QR

    Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, lalu ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas. Pilih “Perangkat tertaut” dan pindai kode QR yang muncul di WhatsApp Web atau Desktop.

  • Lihat obrolan WhatsApp

    Setelah terhubung, Anda dapat melihat semua obrolan WhatsApp, termasuk obrolan yang sudah dihapus.

  • Perhatikan batasan

    Ada beberapa batasan saat menggunakan WhatsApp Web atau Desktop. Misalnya, Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan jika ponsel Anda tidak terhubung ke internet. Selain itu, beberapa fitur WhatsApp, seperti panggilan suara dan video, tidak tersedia di WhatsApp Web atau Desktop.

Meskipun memiliki beberapa batasan, WhatsApp Web atau Desktop dapat menjadi alternatif yang baik untuk melihat obrolan WhatsApp, termasuk obrolan yang sudah dihapus, tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Cara Menghilangkan Iklan di HP Tanpa Aplikasi

Manfaatkan fitur Trash

Beberapa aplikasi perpesanan, seperti Telegram, memiliki fitur Trash yang menyimpan pesan yang sudah dihapus selama jangka waktu tertentu. Jika Anda tidak sengaja menghapus pesan di aplikasi tersebut, Anda bisa memulihkannya dari Trash.

Namun, WhatsApp tidak memiliki fitur Trash secara bawaan. Oleh karena itu, cara ini tidak bisa digunakan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus.

Meskipun WhatsApp tidak memiliki fitur Trash, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat menyediakan fitur serupa. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat menyimpan pesan WhatsApp yang sudah dihapus dan memungkinkan Anda untuk memulihkannya jika diperlukan.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya terkait cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi:

Pertanyaan 1: Apakah mungkin melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi?
Ya, ada beberapa cara untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi, seperti melihat notifikasi pesan, menggunakan fitur Riwayat Pemberitahuan, atau memulihkan obrolan dari cadangan.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus di notifikasi?
Anda dapat melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus di notifikasi dengan membuka panel notifikasi pada ponsel Anda. Notifikasi pesan akan menampilkan pratinjau pesan, termasuk nama pengirim dan isi pesan.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menggunakan fitur Riwayat Pemberitahuan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus?
Untuk menggunakan fitur Riwayat Pemberitahuan, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan ponsel Anda. Setelah fitur Riwayat Pemberitahuan aktif, Anda dapat melihat semua notifikasi yang masuk ke ponsel Anda, termasuk notifikasi pesan WhatsApp yang sudah dihapus.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara memulihkan obrolan WhatsApp dari cadangan untuk melihat pesan yang sudah dihapus?
Anda dapat memulihkan obrolan WhatsApp dari cadangan yang dibuat sebelumnya untuk melihat pesan yang sudah dihapus. Untuk memulihkan obrolan WhatsApp, Anda perlu menghapus dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp, kemudian masuk dengan nomor telepon Anda dan memilih untuk memulihkan obrolan dari cadangan.

Pertanyaan 5: Apakah ada aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus?
Ya, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus, seperti Notification History Log dan WhatsRemoved+. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi pihak ketiga ini tidak berafiliasi dengan WhatsApp dan menggunakannya dapat berisiko.

Pertanyaan 6: Dapatkah saya melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus jika saya tidak mengaktifkan fitur cadangan otomatis?
Tidak, jika Anda tidak mengaktifkan fitur cadangan otomatis, Anda tidak akan dapat melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengaktifkan fitur cadangan otomatis untuk mencegah pesan WhatsApp terhapus secara permanen.

Dengan memahami cara-cara yang dijelaskan di atas, Anda dapat melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi dan memulihkan pesan penting yang mungkin tidak sengaja terhapus.

Selain cara-cara di atas, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pesan WhatsApp terhapus secara permanen atau memudahkan Anda untuk memulihkan pesan yang sudah dihapus:

.

Conclusion

Ada beberapa cara untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi, seperti melihat notifikasi pesan, menggunakan fitur Riwayat Pemberitahuan, memulihkan obrolan dari cadangan, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, perlu diingat bahwa beberapa cara tersebut memiliki keterbatasan atau risiko tersendiri.

Untuk mencegah pesan WhatsApp terhapus secara permanen atau memudahkan Anda untuk memulihkan pesan yang sudah dihapus, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, seperti mengaktifkan fitur cadangan otomatis, menggunakan WhatsApp Web atau Desktop, memanfaatkan fitur Trash pada aplikasi pihak ketiga, dan berhati-hati saat menghapus pesan.

Dengan memahami berbagai cara dan tips yang telah dijelaskan, Anda dapat melindungi pesan WhatsApp Anda dari penghapusan yang tidak diinginkan dan memulihkan pesan penting yang mungkin tidak sengaja terhapus.

Leave a Comment