Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang


Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Mengawasi aplikasi yang berjalan di latar belakang pada perangkat Anda dapat membantu menghemat masa pakai baterai, mengosongkan memori, dan meningkatkan kinerja ponsel Anda secara keseluruhan. Mengetahui cara melihat aplikasi latar belakang sangat penting untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat Anda dan mengontrol prosesnya.

Biasanya, aplikasi yang berjalan di latar belakang tetap aktif bahkan saat Anda tidak menggunakannya. Mereka dapat menyinkronkan data, memperbarui konten, atau melakukan tugas lain secara berkala. Meskipun beberapa aplikasi latar belakang diperlukan untuk fungsi tertentu, aplikasi lain mungkin berjalan tanpa sepengetahuan Anda, menghabiskan sumber daya berharga dan memperlambat perangkat Anda.

Untuk mengelola aplikasi latar belakang secara efektif, Anda perlu mengetahui cara melihatnya. Proses ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat dan sistem operasinya. Berikut panduan langkah demi langkah tentang cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang pada berbagai perangkat:

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Memantau aplikasi latar belakang sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja perangkat.

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Aplikasi
  • Lihat Aplikasi yang Berjalan
  • Periksa Penggunaan Memori
  • Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan
  • Gunakan Aplikasi Pengelola Tugas
  • Aktifkan Mode Hemat Baterai
  • Perbarui Sistem Operasi

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengidentifikasi dan mengelola aplikasi latar belakang secara efektif, sehingga memastikan kinerja perangkat yang optimal dan masa pakai baterai yang lebih lama.

Buka Pengaturan

Untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang pada perangkat Android, langkah pertama adalah membuka menu Pengaturan.

  • Pengelola Aplikasi

    Di menu Pengaturan, cari dan pilih opsi “Pengelola Aplikasi” atau “Aplikasi”. Di halaman ini, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal pada perangkat Anda.

  • Aplikasi yang Berjalan

    Gulir ke tab “Berjalan” atau “Sedang Berjalan” untuk melihat daftar aplikasi yang saat ini aktif dan berjalan di latar belakang. Informasi ini biasanya mencakup nama aplikasi, penggunaan memori, dan waktu berjalan.

  • Urutkan Aplikasi

    Untuk mengidentifikasi aplikasi yang paling banyak menggunakan sumber daya, urutkan daftar aplikasi berdasarkan “Memori” atau “Waktu Berjalan”. Aplikasi yang berada di urutan teratas adalah aplikasi yang paling aktif dan berpotensi menghabiskan sumber daya latar belakang terbanyak.

  • Paksa Berhenti

    Jika Anda menemukan aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang, Anda dapat memaksa berhenti aplikasi tersebut dengan mengetuk tombol “Paksa Berhenti”. Ini akan menutup aplikasi dan menghentikan proses latar belakangnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang pada perangkat Android Anda dan mengambil tindakan yang sesuai untuk mengelola penggunaannya.

Pilih Aplikasi

Setelah membuka menu Pengaturan dan memilih opsi “Pengelola Aplikasi” atau “Aplikasi”, langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi tertentu untuk melihat informasi lebih lanjut dan mengelola proses latar belakangnya.

  • Informasi Aplikasi

    Mengetuk nama aplikasi akan membuka halaman informasi aplikasi, yang memberikan detail tentang izin, penggunaan penyimpanan, dan penggunaan baterai aplikasi. Anda juga dapat melihat apakah aplikasi memiliki akses ke fitur sensitif seperti lokasi atau kamera.

  • Penggunaan Memori

    Pada halaman informasi aplikasi, cari bagian “Memori”. Bagian ini akan menunjukkan berapa banyak memori (RAM) yang digunakan aplikasi saat ini dan seberapa banyak memori yang digunakannya sejak diinstal.

  • Paksa Berhenti

    Jika Anda ingin menutup paksa aplikasi dan menghentikan proses latar belakangnya, ketuk tombol “Paksa Berhenti”. Ini akan menutup aplikasi dan menghapusnya dari daftar aplikasi yang berjalan.

  • Nonaktifkan Aplikasi

    Untuk beberapa aplikasi sistem atau aplikasi pra-instal yang tidak dapat dihapus, Anda mungkin memiliki opsi untuk menonaktifkannya. Menonaktifkan aplikasi akan menghapusnya dari daftar aplikasi yang diinstal dan mencegahnya berjalan di latar belakang.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Rajawali Reload: Cara Cepat dan Mudah Top Up Saldo Game

Dengan memeriksa informasi aplikasi dan menggunakan opsi yang tersedia, Anda dapat mengelola secara efektif aplikasi yang berjalan di latar belakang pada perangkat Android Anda, mengosongkan memori, dan menghemat masa pakai baterai.

Lihat Aplikasi yang Berjalan

Untuk melihat daftar aplikasi yang saat ini berjalan di latar belakang pada perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan

    Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda. Anda dapat mengaksesnya dari layar beranda atau laci aplikasi.

  • Pilih Aplikasi

    Di menu Pengaturan, cari dan pilih opsi “Aplikasi” atau “Pengelola Aplikasi”.

  • Lihat Tab Berjalan

    Di halaman Aplikasi, cari tab atau bagian yang diberi label “Berjalan” atau “Sedang Berjalan”. Tab ini akan menampilkan daftar aplikasi yang saat ini aktif dan berjalan di latar belakang.

  • Informasi Aplikasi

    Ketuk nama aplikasi apa pun dalam daftar untuk melihat informasi lebih lanjut, termasuk penggunaan memori, waktu berjalan, dan izin yang digunakan aplikasi.

Dengan melihat daftar aplikasi yang berjalan, Anda dapat mengidentifikasi aplikasi mana yang paling banyak menggunakan sumber daya dan mengambil tindakan yang sesuai untuk mengelola penggunaannya, seperti memaksa berhenti aplikasi atau menonaktifkannya.

Periksa Penggunaan Memori

Memeriksa penggunaan memori aplikasi dapat membantu Anda mengidentifikasi aplikasi yang paling banyak menghabiskan sumber daya dan berpotensi memperlambat perangkat Anda. Berikut cara memeriksa penggunaan memori aplikasi pada perangkat Android:

  • Buka Pengaturan

    Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda.

  • Pilih Aplikasi

    Cari dan pilih opsi “Aplikasi” atau “Pengelola Aplikasi” di menu Pengaturan.

  • Lihat Tab Berjalan

    Di halaman Aplikasi, cari tab atau bagian yang diberi label “Berjalan” atau “Sedang Berjalan”. Tab ini akan menampilkan daftar aplikasi yang saat ini aktif dan berjalan di latar belakang.

  • Urutkan Aplikasi

    Untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan penggunaan memori, ketuk tombol “Urutkan” dan pilih “Memori”. Ini akan mengurutkan aplikasi dari yang paling banyak menggunakan memori hingga yang paling sedikit.

Dengan memeriksa penggunaan memori aplikasi, Anda dapat mengidentifikasi aplikasi mana yang menjadi penyebab utama masalah kinerja dan mengambil tindakan yang sesuai, seperti memaksa berhenti aplikasi atau mencopot pemasangannya jika tidak diperlukan.

Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Setelah mengidentifikasi aplikasi yang tidak diperlukan berjalan di latar belakang, langkah selanjutnya adalah menutupnya untuk mengosongkan memori dan meningkatkan kinerja perangkat. Berikut cara menutup aplikasi yang tidak diperlukan pada perangkat Android:

  • Buka Pengaturan

    Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda.

  • Pilih Aplikasi

    Cari dan pilih opsi “Aplikasi” atau “Pengelola Aplikasi” di menu Pengaturan.

  • Lihat Tab Berjalan

    Di halaman Aplikasi, cari tab atau bagian yang diberi label “Berjalan” atau “Sedang Berjalan”. Tab ini akan menampilkan daftar aplikasi yang saat ini aktif dan berjalan di latar belakang.

  • Paksa Berhenti Aplikasi

    Ketuk nama aplikasi yang ingin Anda tutup. Pada halaman informasi aplikasi, ketuk tombol “Paksa Berhenti”. Ini akan menutup aplikasi dan menghentikan proses latar belakangnya.

Dengan menutup aplikasi yang tidak diperlukan, Anda dapat mengosongkan memori, mempercepat kinerja perangkat, dan memperpanjang masa pakai baterai.

Gunakan Aplikasi Pengelola Tugas

Selain menggunakan pengaturan bawaan perangkat, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengelola tugas pihak ketiga untuk melihat dan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi ini menyediakan fitur yang lebih canggih dan opsi penyesuaian untuk mengoptimalkan kinerja perangkat.

Aplikasi pengelola tugas memungkinkan Anda untuk melihat daftar aplikasi yang berjalan, memeriksa penggunaan memori dan CPU, dan memaksa berhenti aplikasi yang tidak diinginkan. Beberapa aplikasi juga menawarkan fitur seperti penjadwalan tugas, pemantauan penggunaan baterai, dan pengoptimalan memori otomatis.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Teori Permintaan dan Penawaran

Untuk menggunakan aplikasi pengelola tugas, unduh dan instal aplikasi yang memiliki reputasi baik dari Google Play Store. Setelah terinstal, buka aplikasi dan berikan izin yang diperlukan. Aplikasi akan memindai perangkat Anda dan menampilkan daftar aplikasi yang sedang berjalan.

Anda dapat menggunakan aplikasi pengelola tugas untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan penggunaan memori atau CPU, mengidentifikasi aplikasi yang menghabiskan banyak sumber daya, dan memaksa berhenti aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi pengelola tugas juga memungkinkan Anda membuat daftar putih dan daftar hitam aplikasi untuk mengontrol aplikasi mana yang diizinkan berjalan di latar belakang.

Dengan menggunakan aplikasi pengelola tugas, Anda dapat memantau dan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang secara lebih efektif, mengosongkan memori, meningkatkan kinerja perangkat, dan menghemat masa pakai baterai.

Aktifkan Mode Hemat Baterai

戦士々々Selain mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang secara manual 戦士々々 Anda juga dapat menggunakan mode hemat baterai pada perangkat Android untuk mengurangi konsumsi daya secara keseluruhan dan memperpanjang masa pakai baterai.
戦士々々Mode hemat baterai secara otomatis membatasi aktivitas aplikasi latar belakang 戦士々々 mengurangi kecerahan layar 戦士々々 dan menonaktifkan fitur tertentu seperti sinkronisasi otomatis dan GPS. Ini membantu menghemat daya baterai tanpa harus memantau dan mengelola aplikasi individual.
戦士々々Untuk mengaktifkan mode hemat baterai 戦士々々 ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda.
2. Cari dan pilih opsi “Baterai”.
3. Pada halaman Baterai 戦士々々 cari dan aktifkan opsi “Mode Hemat Baterai”.
戦士々々Saat mode hemat baterai diaktifkan 戦士々々 perangkat Anda akan secara otomatis menerapkan pembatasan untuk menghemat daya baterai. Anda dapat menyesuaikan pengaturan mode hemat baterai untuk mengontrol fitur mana yang dibatasi dan untuk mengatur kapan mode ini diaktifkan.
戦士々々Dengan mengaktifkan mode hemat baterai 戦士々々 Anda dapat mengurangi konsumsi daya aplikasi latar belakang dan memperpanjang masa pakai baterai perangkat Anda secara signifikan. Namun 戦士々々 perlu diingat bahwa mode ini dapat membatasi beberapa fungsi dan kinerja perangkat.

Perbarui Sistem Operasi

Memperbarui sistem operasi perangkat Android Anda ke versi terbaru dapat membantu meningkatkan kinerja dan keamanan perangkat, serta mengoptimalkan penggunaan aplikasi latar belakang.

  • Peningkatan Optimalisasi

    Pembaruan sistem operasi sering kali menyertakan peningkatan pada algoritma manajemen memori dan pengoptimalan daya, yang dapat membantu mengurangi penggunaan memori dan konsumsi daya aplikasi latar belakang.

  • Penambalan Keamanan

    Pembaruan sistem operasi juga menyertakan penambalan keamanan yang dapat mengatasi kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh aplikasi jahat untuk berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda.

  • Fitur Baru

    Beberapa pembaruan sistem operasi mungkin memperkenalkan fitur baru yang secara khusus dirancang untuk mengelola dan mengoptimalkan aplikasi latar belakang, seperti fitur “Pengoptimalan Baterai Adaptif” di Android.

  • Peningkatan Kompatibilitas

    Memperbarui sistem operasi dapat meningkatkan kompatibilitas dengan aplikasi terbaru, yang mungkin lebih dioptimalkan untuk berjalan di latar belakang dengan lebih efisien.

Dengan memperbarui sistem operasi perangkat Android Anda secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa perangkat Anda berjalan pada versi terbaru dan paling aman, yang dapat membantu mengoptimalkan penggunaan aplikasi latar belakang dan meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan.

FAQ

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang 仔仔 yang Berjalan di Latar Belakang

Pertanyaan 1: Apa itu 仔仔 yang berjalan di latar belakang?
Jawaban: 仔仔 yang berjalan di latar belakang adalah aplikasi atau layanan yang tetap aktif dan berjalan di perangkat Anda meskipun Anda tidak menggunakannya secara aktif. Aplikasi ini dapat mengakses sumber daya sistem, seperti memori dan data seluler, bahkan saat Anda tidak melihatnya.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Cara Memperbaiki Aplikasi yang Error

Pertanyaan 2: Mengapa beberapa 仔仔 perlu berjalan di latar belakang?
Jawaban: Beberapa 仔仔 memerlukan akses latar belakang untuk memberikan fungsionalitas tertentu, seperti layanan navigasi GPS, pemutar musik, atau aplikasi pemantau kebugaran. Aplikasi ini perlu terus berjalan untuk melacak lokasi Anda, memutar musik, atau memantau aktivitas Anda.

Pertanyaan 3: Bagaimana saya mengetahui 仔仔 apa saja yang berjalan di latar belakang?
Jawaban: Di sebagian besar perangkat Android, Anda dapat memeriksa 仔仔 yang berjalan di latar belakang dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Berjalan.

Pertanyaan 4: Bagaimana saya menghentikan 仔仔 agar tidak berjalan di latar belakang?
Jawaban: Anda dapat menghentikan 仔仔 agar tidak berjalan di latar belakang dengan menonaktifkannya di pengaturan aplikasi. Di beberapa perangkat, Anda juga dapat memaksa berhenti 仔仔 dari menu Berjalan.

Pertanyaan 5: Apakah aman untuk menghentikan semua 仔仔 agar tidak berjalan di latar belakang?
Jawaban: Tidak, tidak disarankan untuk menghentikan semua 仔仔 agar tidak berjalan di latar belakang. Beberapa 仔仔, seperti layanan sistem, penting untuk fungsi perangkat yang benar.

Pertanyaan 6: Tips apa saja untuk mengelola 仔仔 yang berjalan di latar belakang?
Jawaban:
– Tinjau secara teratur 仔仔 yang diizinkan berjalan di latar belakang.
– Nonaktifkan 仔仔 yang tidak Anda perlukan atau gunakan secara teratur.
– Gunakan fitur penghemat baterai untuk membatasi aktivitas latar belakang.
– Pastikan untuk memperbarui 仔仔 dan sistem operasi Anda untuk mendapatkan perbaikan keamanan dan peningkatan kinerja terbaru.

Dengan memahami dan mengelola 仔仔 yang berjalan di latar belakang, Anda dapat mengoptimalkan kinerja perangkat, menghemat baterai, dan melindungi privasi Anda.

Tips Mengelola 仔仔 yang Berjalan di Latar belakang

Dengan mengikuti tips berikut, Anda dapat mengelola 仔仔 yang berjalan di latar belakang dan mengoptimalkan kinerja perangkat:

1. Tinjau 仔仔 yang Diizinkan Berjalan di Latar belakang
Tinjau 仔仔 yang diizinkan berjalan di latar belakang secara teratur. Nonaktifkan atau hapus 仔仔 yang tidak Anda perlukan atau gunakan secara aktif.

2. Gunakan Fitur Penghemat Baterai
Sebagian besar perangkat Android memiliki fitur penghemat baterai yang dapat membatasi aktivitas latar belakang. Aktifkan fitur ini untuk membantu menghemat baterai dan mengurangi penggunaan sumber daya.

3. Nonaktifkan 仔仔 yang Tidak Diperlukan
Jika Anda tidak memerlukan 仔仔 tertentu saat ini, nonaktifkan dari menu pengaturan aplikasi. Ini akan mencegah 仔仔 tersebut berjalan di latar belakang dan mengakses sumber daya.

4. Perbarui 仔仔 dan Sistem Operasi Anda
Pembaruan keamanan dan peningkatan kinerja terbaru sering kali disertakan dalam pembaruan 仔仔 dan sistem operasi. Pastikan untuk memperbarui keduanya secara teratur untuk mengoptimalkan perangkat Anda dan melindungi dari potensi ancaman keamanan.

Dengan menerapkan tips ini, Anda dapat mengelola 仔仔 yang berjalan di latar belakang secara efektif, menghemat baterai, meningkatkan kinerja perangkat, dan melindungi privasi Anda.

Kesimpulan

Mengetahui cara melihat dan mengelola 仔仔 yang berjalan di latar belakang sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja perangkat Android, menghemat masa pakai baterai, dan melindungi privasi Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat mengidentifikasi 仔仔 yang menguras sumber daya, memaksa berhenti aplikasi yang tidak perlu, dan menggunakan fitur sistem untuk membatasi aktivitas latar belakang.

Ingatlah untuk meninjau 仔仔 yang diizinkan berjalan di latar belakang secara teratur, menggunakan fitur penghemat baterai, menonaktifkan 仔仔 yang tidak digunakan, dan memperbarui 仔仔 dan sistem operasi Anda secara berkala. Dengan menerapkan tips ini, Anda dapat memastikan bahwa perangkat Anda berjalan dengan lancar, efisien, dan terlindungi.

Leave a Comment