Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi


Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi

Aplikasi tersembunyi dapat disembunyikan di ponsel Anda karena berbagai alasan. Beberapa aplikasi mungkin sengaja disembunyikan oleh pabrikan ponsel, sementara yang lain mungkin disembunyikan oleh pengguna untuk tujuan privasi atau keamanan.

Jika Anda yakin ada aplikasi tersembunyi di ponsel Anda, ada beberapa cara untuk menemukannya. Metode yang Anda gunakan akan bervariasi tergantung pada jenis ponsel yang Anda miliki dan versi sistem operasinya.

Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan aplikasi tersembunyi di ponsel Android:

Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi

Berikut adalah 9 poin penting tentang cara menemukan aplikasi tersembunyi:

  • Pergi ke pengaturan
  • Pilih aplikasi
  • Ketuk titik tiga
  • Pilih “Tampilkan aplikasi sistem”
  • Cari aplikasi yang mencurigakan
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga
  • Hubungi produsen
  • Setel ulang ponsel
  • Pindai malware

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat menemukan aplikasi tersembunyi di ponsel Anda dan mengambil tindakan yang sesuai.

Pergi ke pengaturan

Untuk menemukan aplikasi tersembunyi dengan membuka pengaturan, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi pengaturan

    Pengaturan biasanya diwakili oleh ikon roda gigi dan dapat ditemukan di layar beranda atau laci aplikasi Anda.

  • Pilih aplikasi

    Di menu pengaturan, cari dan ketuk opsi “Aplikasi” atau “Manajer aplikasi”.

  • Ketuk titik tiga

    Di sudut kanan atas layar aplikasi, ketuk ikon titik tiga vertikal.

  • Pilih “Tampilkan aplikasi sistem”

    Ini akan menampilkan semua aplikasi yang diinstal di ponsel Anda, termasuk aplikasi tersembunyi.

Setelah Anda menampilkan aplikasi sistem, Anda dapat mencari aplikasi mencurigakan yang tidak Anda kenali atau yang tidak seharusnya ada di ponsel Anda. Jika Anda menemukan aplikasi yang mencurigakan, Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai, seperti mencopot pemasangannya atau melaporkannya ke produsen ponsel Anda.

Pilih aplikasi

Setelah Anda membuka pengaturan dan mengetuk opsi “Aplikasi” atau “Manajer aplikasi”, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang diinstal di ponsel Anda. Untuk menemukan aplikasi tersembunyi, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Gulir daftar aplikasi

    Gulir daftar aplikasi dan cari aplikasi yang mencurigakan atau tidak Anda kenali.

  • Ketuk nama aplikasi

    Setelah Anda menemukan aplikasi yang mencurigakan, ketuk namanya untuk membuka halaman info aplikasi.

  • Periksa izin aplikasi

    Di halaman info aplikasi, periksa izin yang dimiliki aplikasi. Jika aplikasi memiliki izin yang tidak diperlukan untuk fungsinya, ini bisa menjadi tanda bahwa aplikasi tersebut berbahaya.

  • Baca ulasan aplikasi

    Anda juga dapat membaca ulasan aplikasi untuk melihat apakah pengguna lain telah melaporkan masalah dengan aplikasi tersebut.

Jika Anda yakin bahwa aplikasi tersebut berbahaya, Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai, seperti mencopot pemasangannya atau melaporkannya ke produsen ponsel Anda.

Ketuk titik tiga

Setelah Anda membuka halaman info aplikasi, Anda akan melihat ikon titik tiga vertikal di sudut kanan atas layar. Untuk menemukan aplikasi tersembunyi, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ketuk ikon titik tiga

    Ketuk ikon titik tiga vertikal di sudut kanan atas layar.

  • Pilih “Tampilkan aplikasi sistem”

    Dari menu tarik-turun, pilih opsi “Tampilkan aplikasi sistem”.

  • Cari aplikasi tersembunyi

    Ini akan menampilkan semua aplikasi yang diinstal di ponsel Anda, termasuk aplikasi tersembunyi.

  • Periksa aplikasi yang mencurigakan

    Gulir daftar aplikasi dan cari aplikasi yang mencurigakan atau tidak Anda kenali.

Jika Anda menemukan aplikasi yang mencurigakan, Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai, seperti mencopot pemasangannya atau melaporkannya ke produsen ponsel Anda.

Pilih “Tampilkan aplikasi sistem”

Opsi “Tampilkan aplikasi sistem” di menu titik tiga akan menampilkan semua aplikasi yang diinstal di ponsel Anda, termasuk aplikasi tersembunyi. Ini berguna jika Anda ingin menemukan aplikasi yang disembunyikan oleh produsen ponsel Anda atau oleh pengguna lain.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Terkaya di Dunia

Setelah Anda memilih opsi “Tampilkan aplikasi sistem”, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang diinstal di ponsel Anda. Daftar ini mungkin panjang, jadi mungkin perlu waktu untuk menemukan aplikasi yang Anda cari. Anda dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas layar untuk mempersempit pencarian Anda.

Setelah Anda menemukan aplikasi yang mencurigakan, Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai. Anda dapat mencopot pemasangan aplikasi, menonaktifkannya, atau melaporkannya ke produsen ponsel Anda. Jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan teknisi yang berkualifikasi.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat memilih opsi “Tampilkan aplikasi sistem”:

  • Beberapa aplikasi sistem penting untuk berfungsinya ponsel Anda. Jangan mencopot pemasangan atau menonaktifkan aplikasi sistem kecuali Anda yakin bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan.
  • Beberapa aplikasi sistem mungkin tidak dapat dihapus atau dinonaktifkan. Ini adalah aplikasi yang penting untuk berfungsinya ponsel Anda dan tidak dapat dihapus tanpa me-rooting ponsel Anda.
  • Jika Anda tidak yakin apakah aplikasi sistem aman untuk dihapus atau dinonaktifkan, sebaiknya berkonsultasilah dengan teknisi yang berkualifikasi.

Cari aplikasi yang mencurigakan

Setelah Anda menampilkan aplikasi sistem, Anda perlu mencari aplikasi yang mencurigakan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Nama aplikasi

    Apakah nama aplikasi tidak familier atau mencurigakan?

  • Ikon aplikasi

    Apakah ikon aplikasi tampak aneh atau tidak sesuai dengan aplikasi lain di ponsel Anda?

  • Ukuran aplikasi

    Apakah ukuran aplikasi sangat besar atau sangat kecil dibandingkan dengan aplikasi lain di ponsel Anda?

  • Izin aplikasi

    Apakah aplikasi meminta izin yang tidak diperlukan untuk fungsinya?

Jika Anda menemukan aplikasi yang mencurigakan, Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai. Anda dapat mencopot pemasangan aplikasi, menonaktifkannya, atau melaporkannya ke produsen ponsel Anda. Jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, Anda dapat berkonsultasi dengan teknisi yang berkualifikasi.

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi tersembunyi menggunakan metode di atas, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada sejumlah aplikasi di Google Play Store yang dirancang untuk membantu Anda menemukan aplikasi tersembunyi.

  • App Hider

    App Hider adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda menyembunyikan dan menemukan aplikasi tersembunyi. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

  • Hidden Apps Detector

    Hidden Apps Detector adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda memindai ponsel Anda untuk mencari aplikasi tersembunyi. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

  • App Inspector

    App Inspector adalah aplikasi berbayar yang memungkinkan Anda menganalisis aplikasi yang diinstal di ponsel Anda untuk mencari potensi masalah keamanan. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang lebih kompleks, namun menawarkan fitur yang lebih banyak daripada aplikasi gratis.

  • System Monitoring Tools

    System Monitoring Tools adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda memantau berbagai aspek ponsel Anda, termasuk aplikasi yang diinstal. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menemukan aplikasi tersembunyi, pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang tepercaya. Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin berbahaya, jadi penting untuk berhati-hati saat menginstalnya.

Hubungi produsen

Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi tersembunyi menggunakan metode di atas, Anda dapat mencoba menghubungi produsen ponsel Anda. Produsen ponsel Anda mungkin dapat membantu Anda menemukan dan menghapus aplikasi tersembunyi.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Wallpaper 3d Bergerak

Untuk menghubungi produsen ponsel Anda, Anda dapat mengunjungi situs web mereka atau menghubungi mereka melalui telepon. Sebaiknya Anda memiliki informasi berikut saat menghubungi produsen ponsel Anda:

  • Merek dan model ponsel Anda
  • Nomor IMEI ponsel Anda
  • Deskripsi aplikasi tersembunyi yang ingin Anda hapus

Produsen ponsel Anda mungkin meminta informasi tambahan, seperti tangkapan layar aplikasi tersembunyi. Setelah Anda memberikan informasi yang diperlukan, produsen ponsel Anda akan membantu Anda menemukan dan menghapus aplikasi tersembunyi.

Harap dicatat bahwa beberapa produsen ponsel mungkin mengenakan biaya untuk layanan ini. Selain itu, beberapa produsen ponsel mungkin tidak dapat membantu Anda menemukan atau menghapus aplikasi tersembunyi jika aplikasi tersebut diinstal oleh penyedia layanan Anda.

Jika Anda menghubungi produsen ponsel Anda untuk mendapatkan bantuan, pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan lengkap. Semakin banyak informasi yang Anda berikan, semakin besar kemungkinan produsen ponsel Anda dapat membantu Anda menemukan dan menghapus aplikasi tersembunyi.

Setel ulang ponsel

Jika Anda tidak dapat menemukan atau menghapus aplikasi tersembunyi menggunakan metode di atas, Anda dapat mencoba menyetel ulang ponsel Anda ke setelan pabrik. Ini akan menghapus semua data dari ponsel Anda, termasuk aplikasi tersembunyi.

Untuk menyetel ulang ponsel Anda ke setelan pabrik, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cadangkan semua data penting di ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi pengaturan di ponsel Anda.
  3. Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Sistem”.
  4. Ketuk opsi “Setel ulang opsi”.
  5. Ketuk opsi “Hapus semua data (setel ulang ke setelan pabrik)”.
  6. Masukkan PIN atau kata sandi Anda untuk mengonfirmasi.
  7. Ketuk tombol “Setel ulang ponsel”.

Proses penyetelan ulang ponsel mungkin memerlukan waktu beberapa menit. Setelah proses selesai, ponsel Anda akan dihidupkan ulang dan dikembalikan ke setelan pabrik.

Harap dicatat bahwa menyetel ulang ponsel Anda ke setelan pabrik akan menghapus semua data dari ponsel Anda, termasuk aplikasi, kontak, pesan, dan foto. Pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting sebelum menyetel ulang ponsel Anda.

Pindai malware

Jika Anda menduga bahwa aplikasi tersembunyi di ponsel Anda adalah malware, Anda dapat mencoba memindai ponsel Anda menggunakan aplikasi antivirus. Aplikasi antivirus dapat memindai ponsel Anda untuk mencari malware dan menghapusnya.

Ada sejumlah aplikasi antivirus yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi antivirus populer antara lain:

  • Avast Mobile Security
  • Bitdefender Mobile Security
  • Kaspersky Mobile Antivirus
  • Norton Mobile Security
  • Trend Micro Mobile Security

Untuk memindai ponsel Anda menggunakan aplikasi antivirus, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Instal aplikasi antivirus di ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi antivirus dan ketuk tombol “Pindai”.
  3. Aplikasi antivirus akan memindai ponsel Anda untuk mencari malware.
  4. Jika aplikasi antivirus menemukan malware, aplikasi tersebut akan meminta Anda untuk menghapusnya.

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua aplikasi antivirus dapat mendeteksi semua jenis malware. Jika Anda menduga bahwa ponsel Anda terinfeksi malware, Anda mungkin perlu mencoba beberapa aplikasi antivirus yang berbeda.

FAQ

Berikut adalah beberapa FAQ tentang cara menemukan aplikasi tersembunyi:

Question 1: Bagaimana cara menemukan aplikasi tersembunyi di ponsel Android?
Answer 1: Untuk menemukan aplikasi tersembunyi di ponsel Android, Anda dapat pergi ke pengaturan, pilih aplikasi, ketuk ikon tiga نقطه, dan pilih “Tampilan aplikasi sistem”.

Question 2: Bagaimana cara menemukan aplikasi tersembunyi di iPhone?
Answer 2: iPhone tidak memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi, jadi tidak ada cara untuk menemukan aplikasi tersembunyi di iPhone.

Artikel Rekomendasi Dari Ngetikin:   Aplikasi Anti Lag FF Terbaik yang Wajib Dipasang

Question 3: Apa saja tanda-tanda aplikasi tersembunyi?
Answer 3: Tanda-tanda aplikasi tersembunyi antara lain: nama aplikasi yang tidak dikenal, ikon aplikasi yang tidak sesuai, ukuran aplikasi yang sangat besar atau sangat kecil, dan aplikasi yang meminta perizinan yang tidak perlu.

Question 4: Bagaimana cara menyingkirkan aplikasi tersembunyi?
Answer 4: Untuk menyingkirkan aplikasi tersembunyi, Anda dapat mencopot pemasangannya, menonaktifkannya, atau menggunakan aplikasi pihak يستطيع to do so.

Question 5: Apa yang harus saya lakukan jika saya menemukan aplikasi tersembunyi yang tidak saya kenal?
Answer 5: Jika Anda menemukan aplikasi tersembunyi yang tidak Anda kenal, Anda harus segera mencopot pemasangannya atau menonaktifkannya. Anda juga dapat menghubungi produsen ponsel Anda atau menggunakan aplikasi pihak يستطيع to do so.

Question 6: Bagaimana cara mencegah aplikasi tersembunyi diinstal di ponsel saya?
Answer 6: Untuk mencegah aplikasi tersembunyi diinstal di ponsel Anda, Anda harus berhati-hati saat mengunduh dan memasang aplikasi. Hanya unduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan selalu periksa perizinan yang diminta aplikasi sebelum memasangnya.

Demikian beberapa FAQ tentang cara menemukan aplikasi tersembunyi. Jika Anda memiliki FAQ, jangan sungkan untuk bertanya di bagian komentar di bawah.

Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan dan menyingkirkan aplikasi tersembunyi:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan dan menyingkirkan aplikasi tersembunyi:

Tip 1: Periksa pengaturan ponsel Anda
Sebagian besar ponsel Android memiliki opsi untuk menampilkan aplikasi tersembunyi di pengaturan. Untuk menemukan opsi ini, buka pengaturan, pilih aplikasi, dan ketuk ikon titik tiga. Kemudian, pilih “Tampilkan aplikasi sistem”.

Tip 2: Gunakan pengelola file
Anda juga dapat menggunakan pengelola file untuk menemukan aplikasi tersembunyi. Buka pengelola file dan cari folder bernama “Aplikasi Tersembunyi” atau “.隠しアプリ”. Jika Anda menemukan folder ini, kemungkinan besar berisi aplikasi tersembunyi.

Tip 3: Pindai ponsel Anda dengan aplikasi antivirus
Aplikasi antivirus dapat memindai ponsel Anda untuk mencari malware dan aplikasi tersembunyi lainnya. Jika aplikasi antivirus menemukan aplikasi tersembunyi, aplikasi tersebut akan meminta Anda untuk mengambil tindakan.

Tip 4: Hubungi produsen ponsel Anda
Jika Anda tidak dapat menemukan atau menghapus aplikasi tersembunyi menggunakan metode di atas, Anda dapat mencoba menghubungi produsen ponsel Anda. Produsen ponsel Anda mungkin dapat membantu Anda menemukan dan menghapus aplikasi tersembunyi.

Demikian beberapa tips untuk menemukan dan menyingkirkan aplikasi tersembunyi. Jika Anda memiliki tips lain, jangan sungkan untuk membagikannya di bagian komentar di bawah.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menemukan dan menyingkirkan aplikasi tersembunyi dari ponsel Anda. Penting untuk diingat bahwa aplikasi tersembunyi dapat berbahaya, jadi penting untuk menghapusnya sesegera mungkin.

Conclusion

Aplikasi tersembunyi dapat menjadi ancaman bagi privasi dan keamanan Anda. Dengan mengikuti tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat menemukan dan menyingkirkan aplikasi tersembunyi dari ponsel Anda.

Poin-poin utama yang perlu diingat adalah:

  • Aplikasi tersembunyi dapat ditemukan di pengaturan ponsel Anda, menggunakan pengelola file, atau dengan memindai ponsel Anda menggunakan aplikasi antivirus.
  • Jika Anda menemukan aplikasi tersembunyi yang tidak Anda kenal, segera hapus instalannya atau nonaktifkan.
  • Anda dapat menghubungi produsen ponsel Anda untuk mendapatkan bantuan menemukan dan menghapus aplikasi tersembunyi.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat melindungi privasi dan keamanan Anda dari aplikasi tersembunyi.

Leave a Comment